Pasca Pilkades, Kantor Kecamatan Caringin Didemo


B-CHANNEL, CARINGIN – Tidak puas dengan hasil Pilkades Cinagara yang digelar beberapa waktu lalu di Kecamatam Caringin, Kabupatem Bogor, warga dari puluhan perwakilan tim gabungan pendukung 4 cakades cinagara melakukan aksi demi ke kantor Kecamatan Caringin, Rabu (28/11/18).

Dalam aksinya, mereka menuntut pertanggungjawaban pihak Kecamatan Caringin agar dapat menghidupkan kembali sistem demokrasi yang ada.

Mereka menilai, pemerintah kecamatan saat ini sudah tidak mempunyai sistem demokrasi bagi warga, karena dalam pelaksanaan pilkades cinagara, dengan mata terbuka terdapat kecurangan yang dilakukan panitia pilkades.

Selain iru, terjadinya kecurangan pada pelaksanaan pilkades cinagara akibat ketidak mampuan pihak kecamatan dalam memberikan pembinaan kepada panitia pilkades.

“Saya pikir, dalam hal ini pihak Pemerintahan Kecamatan Caringin tidak bisa memberi pemahaman maupun pembinaan pada panitia, buktinya terjadi kecurangan,”tegas Supriatna Koordinator Aksi.

Menanggapi hal tersebut, Camat Caringin, Rumambi menyatakan persoalan pilkades cinagara tidak bisa diselesaikan dikecamatan, mengingat kapasitasnya sendiri terbatas.

“Setelah melalui proses beberapa kali musyawarah memang belum menghasilkan titik temu, artinya pihak kecamatan memang belum bisa menangani hal tersebut, sehingga persoalannya dilimpahkan ke tingkat kabupaten. Bahkan sudah ke PTUN hingga sudah ada undangan pemanggilan baik panitia maupun BPD itu sendiri, “jelas Camat.

Sementara, Kapolsek Caringin AKP Seno menganggap jika sengketa pilkades cinagara masih belum menjadi ranah pihak kepolisian. Karena masih tanggung jawab panitia, BPD dan DPMD Kabupaten Bogor.

“Namun demikian, bilamana sesuai dengan peraturan masih tidak bisa juga terselesaikan, silahkan ajukan ke PTUN, dan apabila nanti putusan PTUN ada dugaan penggelembungan atau pelanggarannya, maka itu bisa dijadikan bukti untuk dilaporkan kepada kami,”tutur Kapolsek.

Usai mendengar paparan para pihak terkait, para pendemo melanjutkan aksinya ke Kabupaten dengan mendapat pengawalan dari kepolisian. Aksi ini sendiri berlangsung aman dan damai.

Reporter : Agus Sudrajat

Peristiwa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *