Hindari Resiko, BPJS Ketenagakerjaan Gelar Sosialisasi


B-CHANNEL, CIJERUK – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Bogor, melakukan Sosialisasi Program BPJS Ketenagakerjaan Kepada Perangkat dan Warga Desa Cipelang, Kecamatan Cijeruk Kabupatan Bogor, Kamis (26/07/18).

Marketing Officer Reno Yulian, mengungkapkan masyarakat, khususnya warga Desa Cipelang dapat mengikuti manfaat Program BPJS Ketenagakerjaan. Karena, selain bermanfaat program ini juga bisa menghindari hal-hal yang beresiko dari aktifitas pekerjaan sebagai penerima upah maupun bukan penerima upah.

“Kami berharap dari rangkaian kegiatan sosialisasi ini khususnya warga masyarakat sebagai pelaku dunia usaha yang memiliki agar mendaftarkan diri dan ikut serta dalam program BPJS Ketenagakerjaan, mengingat banyak  mangfaat yang akan didapatkan, “kata Marketing Officer, Reno Yulian kepada wartawan.

Ia menambahkan, kegiatan sosialisasi tersebut merupakan bagian dari kampanye BPJS Ketenagakerjaan sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 Tentang Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial. Dimana, dalam hal ini pemerintah membentuk dua penyelenggara salah satunya adalah BPJS Ketenagakerjaan.

“Nah, untuk peserta yang merupakan pekerja Bukan Penerima Upah (BPU) adalah pekerja yang melakukan kegiatan atau usaha ekonomi secara mandiri untuk memperoleh penghasilan dari kegiatan atau usaha yang meliputi pemberi kerja, pekerja diluar hubungan kerja atau yang bukan penerima upah, seperti tukang ojek, supir angkot, pedagan keliling dan lainnya, “tuturnya.

Semua masyarakat dapat mengikuti program BPJS Ketenagakerjaan secara bertahap dengan memilih program sesuai dengan kamampuan dan kebutuhan. Mekanisme pendaftarannya bisa langsung ke Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan atau mendaftar melalui wadah, kelompok, mitra dan payment point (Aggregator atau Perbankan) yang telah melakukan Ikatan Kerja Sama (IKS) dengan Ketenagakerjaan.

 

Reporter/Foto : Agus Sudrajat

No comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *