Eksekusi Rumdin Milik TNI AD di Asrama Teplan Diwarnai Bentrok


Loading

B-CHANNEL, KOTA BOGOR– Setelah sebelumnya Korem 061/SIK melakukan eksekusi pengosongan terhadap tujuh Rumah Dinas (Rumdin) milik TNI AD di wilayah Asrama Sempur Kidul, Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor, pada Rabu (26/07/18) kemarin, kini giliran delapan rumdin juga dilakukan pengosongan rumah dinas di Asrama Kedung Badak, Teplan, Kota Bogor.

Pengosongan rumdin, kali ini mendapat pertentangan dari warga setempat juga penghuni rumah. Hingga bentrok antara anggota TNIdan  warga tak terhindarkan, lantaran mereka menolak untuk di eksekusi. Kendati demikian, eksekusi pun berlangsung lancar dan kondusif.

“Iya, penertiban di asrama Kedung Badak, Teplan, mendapat pertentangan dari warga setempat. Dimana, sejak pukul 06.00 warga telah berkumpul memblokade jalan. Kericuhan sempat terjadi saat aparat keamanan yang hendak memulai penertiban terlibat aksi saling dorong dengan warga yang menutup jalan,” ujar Kasrem 061/SIK, Letkol Eko Saptono.

Rumah dinas yang ditertibkan ini, lanjut Eko, sudah tidak ditempati lagi oleh TNI aktif, Warakawuri ataupun Purnawirawan yang memiliki hak tinggal sebagaimana aturan dalam pemakaian rumah dinas.

Menurutnya, Rumdin ini merupakan Inventaris Kekayaan Negara (IKN) yang harus kembali pada fungsi dan aturannya. Korem 061/Sk punya dasar yang kuat dalam melakukan penertiban ini, yakni telah melalui tahapan dan mengikuti aturan serta memiliki legalitas hukum yang sah dari Negara.

Sebelum dilakukan eksekusi rumdin TNI AD, Korem 061/SK telah melakukan berbagai langkah persuasif yakni melalui sosialisasi, dialog, mediasi dan negosiasi sejak mengeluarkan Surat Peringatan (SP) 1 di tahun 2013. Kemudian SP 2 di 2016, SP 2 Lanjutan bulan Januari 2018 sampai SP 3 tanggal 15 Juli 2018.

“Untuk warga yang ditertibkan sudah ditempatkan di rumah kontrakan yang sudah disiapkan. Kegiatan penertiban ini berakhir dengan aman dan kondusif,” katanya.

Salah satu penghuni Al Jupri Umar mengaku pasrah rumdinnya ditertibkan, bahkan usai dilakukan eksekusi, diringa mengucapkan terimakasih kepada Korem 061/Sk karena perlengkapan rumahnya dibantu angkat ke tempat kontrakan yang dituju dalam kondisi baik. (*)

 

Foto:

No comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *