Proyek Jembatan Akses Pengangkut Pasir Penyebab Menyempitnya Sungai Cisalopa


Loading

B-CHANNEL, CARINGIN – Kondisi aliran Sungai Cisadane di Kampung Cisalopa, Desa Pasir Buncir, Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor mulai menyempit. Itu disebabkan, adanya proyek pembangunan jembatan lintasan untuk kendaraan truk pengangkut pasir milik salah satu perusahaan Tambang Pasir di kawasan Caringin, Kabupaten Bogor.

Pantauan bogorchannel.id dilapangan, Rabu (18/07/18), proses pembangunan jembatan yang baru memasuki tahap pertama ini diduga melanggar aturan. Dimana, aliran sungai yang melewati jembatan di wilayah tersebut, kini hanya memiliki lebar 1 meter lebih akibat adanya pengerjaan kidam atau pondasi lantai untuk tiang pancang yang menyerempet mengambil bagian aliran sungai.

Terkait pembangunan itu, berdasarkan keterangan, warga tidak menolak adanya investasi dan pembangunan jembatan untuk lintas truk pengangkut pasir. Namun, sebelum itu ada baiknya pihak perusahaan melakukan atau memperhatikan kondisi sekitar agar tidak mengganggu keseimbangan lingkungan.

“Kami tidak keberatan dengan adanya pembangunan jembatan itu, tapi dalam pekerjaannya jangan sampai ada penyempitan aliran disempadan sungai.

“Sebab khawatir akan menyebabkan arus air sungai tidak akan optimal. Karena itu, kami berharap ada perhatian dari Pemerintah khususnya pihak terkait untuk membenahinya, “ungkapnya warga disekitar lokasi yang enggan namanya.

 

Reporter/Foto : Agus Sudrajat

No comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *