Pendaftaran Pilkades Cinagara Dibuka Hingga September


Loading

B-CHANNEL, CARINGIN – Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Cinagara, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, sudah membuka pendaftaran bakal calon (balon) Kepala Desa. Pendaftaran dibuka sejak tanggal 3 sampai 12 September 2018.

“Untuk tahap sekarang, persiapan penyelenggaraan pilkades baru memasuki pendaftaran atau penjaringan bakal calon Kades yang mulai dibuka sejak tanggal 3 September dan berakhir pada 12 september 2018, “kata Ketua Panitia Pilkades Cinagara, Encep Badru Kamal. Kamis (13/09/18).

Ia menjelaskan, setelah melakukan penjaringan akan diteruskan pada tahap verifikasi tingkat adminitrasi atau kelengkapan dokumen bakal calon sebelum ditetapkan panitia pilkades. Selanjutnya panitia akan melakukan seleksi terhadap bakal calon Kades setiap desa yang melebihi batas 5 orang.

“Ini kami laksanakan sesuai ketentuan dalam Peraturan Pilkades serentak calon pambakal yang berjumlah minimal 2 dan maksimal 5 orang, “ucapnya.

Bakal calon yang mengambil formulir, sambung Encep, sudah ada sepuluh orang, satu diantaranya seorang perempuan. Panitia sendiri akan berkordinasi dengan pihak kecamatan untuk melaksanakan testing jika kesepuluh orang tersebut kembali mengembalikan berkas formulir.

“Nah, dari testing nanti hasilnya akan ditetapkan jadi lima orang. Namun, sebelumnya juga kami dari panitia akan menambahkan waktu penjaringn dari batas akhir 12 September, menjadi 25 september. Jadi ada jeda waktu untuk masa penyeleksian bakal calon, “ttuturnya.

Encep berharap, dari mulai proses tahapan – tahapan tersebut bisa berjalan lancar dan sukses. Mengingat, dari jumlah sepuluh bakal calon yang sudah mengambil formulir pendaftaran, pada akhirnya akan ditetapkan menjadi 5 orang.

“Kelima orang ini, setelah dinyatakan lolos seleksi dan testing oleh panitia, hingga ditetapkan sebagai Calon Kades beserta nomor urutnya pada tanggal 4 Oktober dan untuk pelaksanaan Pilkadesnya akan digelar tanggal 28 Oktober 2018, “pukasnya.

Reporter : Agus Sudrajat

No comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *