Yantie Rachim Resmikan Kampung Germas di Bogor Utara


B-CHANNEL, KOTA BOGOR – Pemerintah Kota Bogor meresmikan Kampung Gerakan Masyarakat Sehat (Germas). Peresmian dilakukan Wakil Ketua TP PKK Kota Bogor yang juga bunda stunting, Yantie Rachim di RW 07, Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Bogor Utara, Selasa (19/11/19).

Dalam kesempatan, Yantie Rachim, didaulat untuk membacakan deklarasi Kampung Germas. Ia menuturkan, Kampung Germas sudah 70 persen disini berhasil dengan berbagai program yang merupakan kreatifitas dan inovasi dari warga.

“Kedepan harus ditingkatkan sinergitas kebersamaan lagi antara Kecamatan, Kelurahan, RW dan RT. Kami sangat mengapresiasi keberhasilan disini, apalagi lokasi Kampung Germas ini merupakan P2WKSS dalam lomba mewakili Kota Bogor ke tingkat Jawa Barat,” ucap Yantie.

Untuk stunting, lanjut Yantie, di wilayah Tanah Baru ini bukan hanya peduli tetapi harus banyak bergerak mencegah dan menghentikan stunting, karena ada beberapa wilayah di Kota Bogor yang masih tinggi dan akan ditekan stuntingnya.

“Kami akan bekerjasama dengan PKK dan ada program Tanggap Leungitken Staunting (Taleus) di Kota Bogor ini. Kita juga konsen menjaga anak anak gadis usia remaja dengan memantau hingga menikah, hamil dan memiliki anak,” jelasnya.

Camat Bogor Utara Rahmat didampingi Lurah Tanah Baru Dede Sugandi, mengatakan, dengan deklarasi kampung Germas di RW 07 diharapkan menambah poin ketika dilakukan penilaian lomba P2WKSS tingkat Provinsi Jawa Barat pada 22 November mendatang. Karena Kampung Germas ini sangat mendukung program P2WKSS.

“Ini salah satu kampung yang kreatif dan inovatif di wilayah Kecamatan Bogor Utara. Disemua Kelurahan juga ada, diantaranya Kampung Tematik, KWT, KLA, Kampung KB dan Kampung Germas. Kami menghimbau kepada warga melaksanakan gerakan hidup sehat diantaranya melakukan aktifitas fisik dan makan makanan sayuran serta rutin membersihkan lingkungan,” tandasnya.

Kasie Promkes Dinkes Kota Bogor, Erny Yuniarti menerangkan, ada tiga kegiatan inovasi pendukung Kampung Germas di wilayah Kecamatan Bogor Utara ini. Ada Kampung Kemarau, Kampung Taleus dan Kampung Bank Sampah. Kegiatan ini untuk merubah maindset kepada masyarakat.

“Sebenarnya Germas sama dengan kegiatan sehari hari, tinggal memudahkan ingatan warga serta mengimplementasikannya saja,”pungkasnya. (Er/bc)

Bogor Raya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *