Tinjau Intake Cipon, Usmar Apresiasi Pengoprasian Screen Mate PDAM Kota Bogor


B-CHANNEL, CARINGIN– Wakil Walikota Bogor Usmar Hariman mengunjungi intake PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor di Ciherang Pondok (Cipon) Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor, Kamis (10/01/19).

Wakil Walikota ingin melihat langsung pengoperasian screen mate atau mesin penyaring sampah otomatis di kanal air baku intake berkapasitas 1800 liter perdetik itu.

Usmar tiba di Intake Cipon pada pukul 10:00 WIB, dan langsung disambut Direktur Teknik PDAM Kota Bogor Syaban Maulana, serta jajaran pejabat struktural di lingkungan PDAM Kota Bogor.

Usmar memberikan apresiasi kepada PDAM Kota Bogor yang telah mengoperasikan alat ini, karena mampu mengurangi sampah-sampah domestik yang masuk ke kanal air baku.

Sampah-sampah ini telah mengurangi debit air baku ke IPA Dekeng, sehingga mengganggu pasokan air bersih ke pelanggan.

Kedepan, PDAM akan terus meningkatkan kapasitas produksi berbasis teknologi terkini untuk meningkatkan pelayanan air bersih masyarakat Kota Bogor.

Pemkot Bogor akan berkordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Bogor untuk menggiatkan penghijauan dan sosialisasi tidak membuang sampah ke sungai agar kualitas air baku Sungai Cisadane tetap terjaga.

Sampah dan kekeruhan air baku yang tinggi saat hujan deras di daerah hulu menjadi tantangan tersendiri bagi PDAM untuk mengolah air baku menjadi air bersih.

Petugas di IPA Dekeng akan sangat kerja keras saat kadar kekeruhan air baku di atas 1000 NTU. Operator akan menyesuaikan jumlah atau debit air baku agar mampu diolah di IPA Dekeng. Inilah yang menyebabkan gangguan pengaliran saat hujan deras turun di daerah hulu sungai Cisadane. (*)

Bogor Raya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *