Desa Srogol Jadi Desa Percontohan


BCHANNEL,CIGOMBONG – Penggunaan Dana Desa (DD) yang bersumber dari APBN untuk pembangunan infrastruktur dan sektor perekonomian desa yang disertai transparansi kepada masyarakat menjadi hal menarik bagi Pemerintah Desa Srogol, Kecamatan Cigombong, Bogor.

Hal tersebut karena Desa Srogol merupakan salah satu desa yang sukses menjalankan berbagai program pembangunan infrastruktur, sehingga menjadi desa percontohan dalam pemanfaatan pengelolaan Dana Desa di Kecamatan Cigombong.

Kepala Desa Srogol, Hendra Muhamad Wildan mengatakan pemanfaatkan dana desa pada tahap II 2018 telah mampu membangkitkan semangat maupun inisiatif gotong royong dalam menyelesaikan persoalan desa. “Intinya kami mencoba mempelajari bagaimana Desa Srogol ini mempertahankan nilai-nilai gotong royong menjadi semangat untuk menyelesaikan persoalan publik, “katanya, Jum’at (10/08/18).

Dijelaskannya, apa yang dilakukan saat ini dapat menjadi percontohan penggunaan DD dengan baik bagi desa – desa lain, karena telah memberikan manfaat bagi masyarakat desa melalui peningkatan pembangunan jalan lingkungan secara hotmix yang menjadi skala prioritas.

“Untuk lokasi pelaksanaannya kami sebar di tiga titik, antara lain di kampung Cisalopa dan Pangarakan, termasuk di kampung Pangkalan yang sekarang sedang dalam pengerjaan. Kalau panjangnya secara keseluruhan mencapai 2500 meter dengan lebar rata-rata 80 sampai 1 meter, progresnya sudah 65 persen, “ujarnya.

Ia mengaku, Indeks Desa Membangun (IDM) Desa Srogol sendiri dalam hal pelaksanaan Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) melalui pemanfaatan Dana Desa sudah berhasil dicapai, sehingga anggarannya pun sudah dikurangi.

“Alhamdulillah, indeks pembangunan disini sudah maju, makanya bantuan DD nya pun dikurangi juga. Semua ini tidak lepas dari kerjasama semua pihak untuk mampu meningkatkan kinerja pelaksanaan P3MD dalam peningkatan IDM desa, “tuturnya.

Ia menambahkan, pihak desa akan terus meningkatkan kinerjanya agar pembangunan desa kian pesat, pemberdayaan masyarakat tercipta, serta kesejahteraan masyarakat meningkat.

“Kami, Pemerintah Desa akan serius dalam memanfaatkan DD dengan baik guna mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat. Makanya, tahun 2019 ini target pembangunan infrastruktur harus selesai, selebihnya pada 2020 tinggal peningkatan ekonomi, “terangnya.

Reporter/Foto : Agus Sudrajat

No comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *