Siap Advokasi Masyarakat, IKADA Bentuk LBH


B-CHANNEL, KOTA BOGOR– Bertujuan untuk mmberikan kontribusi kepada masyarakat yang membutuhkan tentang bantuan hukum, Ikatan Alumni Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Dharma Andiga (IKADHA) dalam waktu dekat para pengurus LBH akan segera merumuskan langkah konkrit dan segera melakukan ilaturahmi dengan para penegak hukum dan pemerintah.

“Ya, kami akan segera action melalui Lembaga bantuan hukum IKADA ini. Kesimpulannya ada dua hal yaitu penyuluhan hukum kepada masyarakat dan Bantuan Hukum. Terkait biaya tentu kami mengacu ke amanat UU Bantuan Hukum yang namanya LBH itu tidak ada biaya alias gratis mulai dari konslingnya pendampingan sampai di pengadilan juga. Jadi jika masyarakat membutuhkan bantuan kami siap,” ujar Ketua Umum IKADA Richard kepada media, Jumat (13/09/19) di Kantor Hukum JAwara & Asdociates, Komplek Lippo Keboen Raya, Jalan Malabar I No. 17, Babakan, Bogor Tengah, Kota Bogor.

Tujuannya, lanjut Richard, ingin berkontribusi tentang masalah hukum, selain itu juga meningkatkan supremasi hukum mulai dari Kota Bogor

“Dan kami para alumni yang bergabung dalam IKADHA dengan segala pertimbangan dan sepak terjang oleh karenanya kami sudah secara resmi menunjuk saudara Advokat Indra Setiawan, S.H menahkodai Lembaga Bantuan Hukum IKADHA,”kata Richard.

Indra Setiawan, S.H, Ketua LBH IKADHA terpilih menguca rasa syukur yang telah diberikan rekan dan pengurus IKADHA, untuk itu, dirinya akan selalu hadir bagi masyarakat khususnya Kota Bogor dalam rangka penegakan hukum dan melakukan pembelaan yang patut menurut hukum hingga keadilan hakiki dapat tercipta ditengah masyarakat.

“Selanjutnya kami akan silaturahmi dengan penegak hukum dan pemerintah dalam rangka menyamakan persepsi dalam pelayanan hukum bagi masyarakat khususnya Kota Bogor. Dan bagi masyarakat yang butuh layanan kami bisa datang langsung ke Sekretariat kami ini yang saat ini di Kantor Hukum Jawara,”kata Indra.

Semntara, Wakil Ketua Umum IKADHA, Roy Sianipar, S.H yang juga sebagai Advokat Muda ternama dan kritis ini menambahkan, pembentukan LBH adalah bagian dari tanggung jawab moral kepada bangsa ini dan kami mencoba implementasikan dengan hadirnya kami untuk membela masyarakat “lemah” dalam menggapai keadilan disamping memberi penyuluhan hukum bagi masyarakat luas khususnya warga Kota Bogor tercinta.

“Intinya kami para alumni yang bergabung dalam Ikatan Alumni STIH Andigha (IKADHA) dengan landasan disiplin Ilmu hukum tentu karna memiliki satu rasa dan satu pemikiran untuk memastikan agar penegakan hukum berjalan sesuai koridor dan berlaku adil dan itulah inti dari nafas perjuangan kami, oleh karenanya kami dari IKADHA melalui instrumen LBH Andigha untuk selalu hadir membela masyarakat yang membutuhkan, namun kami tentu sangat memiliki kapasitas untuk tangani perkara perkara Profit karena tidak sedikit juga alumni yang bergabung di IKADHA berprofesi Advokat dan memiliki kapasitas mumpuni untuk menjawab segala persoalan persoalan hukum ditengah masyarakat dan sudah rata rata berpraktek,”kata Roy.

Ditambahkan Dewan Penasehat Hukum Adv. Tatang SH, bahwa adanya LBH, tidak harus melulu memberikan bantuan hukum kemasyarakat bawah, tetapi lebih kepada setiap orang yang membutuhkan atau memerlukan bantuan hukum baik pidana maupun perdata.

“Kita lebih kepada ingin memberikan sebuah solusi bahwa hukum ini bukan milik seseorang. Karena setiap manusia sejak lahir sampai dengan tutup usia mereka punya hak asasi manusia yang mempunya hak hukum yang sama. Sehingga kita memberikan bantuan hukum,”jelasnya.

Ikatan Alumni Dharma Andigha suatu wardah para alumni yang jumlahnya sudah mencapai 600 orang yang menyebar di seluruh Indonesia maupun diluar Indonesia.

Reporter: Erry Novriansyah

Bogor Raya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *