Puskesmas Cigombong Wujudkan Program Keluarga Sehat


Loading

B-CHANNEL, CIGOMBONG – Kepala Puskesmas Cigombong, dr. Sony Budiman, menegaskan saat ini kesehatan bukan saja sebagai kebutuhan pelengkap, tetapi sudah menjadi kebutuhan pokok. Karena itu, puskesmas mempunyai peran besar dalam menciptakan masyarakat berpola hidup sehat.

Menurutnya, peran puskesmas dalam menciptakan pola hidup sehat pada masyarakat sebagai bentuk dukungan terhadap program keluarga sehat Kementerian Kesehatan.

“Kami sangat mendukung program Kementerian Kesehatan ini dan sebagai bentuknya program itu sedang kami laksanakan, “katanya, Selasa (07/08/18).

Ia menambahkan, tujuan program keluarga sehat sendiri untuk meningkatkan akses pelayanan komprehensif, dimana meliputi pelayanan promotif dan preventif serta pelayanan kuratif dan rehabilitatif dasar.

“Artinya, kami mendukung Standar Pelayanan Minimal (SPM) Kabupaten maupun Kota dan SPM Provinsi melalui peningkatan akses dan skrining kesehatan, termasuk juga mendukung pelaksanaan JKN dengan mendorong kesadaran masyarakat untuk menjadi peserta JKN serta mendukung tercapainya Program Indonesia Sehat, “tegasnya.

Dijelaskannya, ada yang harus di cermati dan dipahami oleh keluarga sehat yakni 12 indikator keluarga sehat. Dalam hal ini, terbagi ke dalam lima kelompok, diantaranya indikator dalam gizi, kesehatan ibu dan anak yang meliputi keluarga mengikuti program keluarga berencana (KB), Ibu melakukan persalinan difasilitas pelayanan kesehatan, bayi mendapatkan imunisasi lengkap, bayi mendapat ASI Ekslusif dan balita mendapat pemantauan pertumbuhan.

Dua indikator lainnya, dalam pengendalian penyakit menular dan tidak menular meliputi penderita TB paru yang harus mendapat pengobatan sesuai standar serta penderita Hipertensi melakukan pengobatan secara teratur.

“Selain itu, atu Indikator kesehatan jiwa diantaranya penderita gangguan jiwa mendapat pengobatan dan tidak ditelantarkan dan yang terakhir yaitu dua Indikator dalam perilaku sehat, anggota keluarga tidak ada yang merokok serta sudah menjadi anggota JKN, “ujarnya.

Sementara, tambahnya, dua indikator lagi terkait lingkungan sehat yaitu keluarga mempunyai akses sarana air bersih serta menggunakan atau mempunyai akses jamban keluarga.

“Kami berharap, dengan terlaksananya program keluarga sehat ini, seluruh masyarakat bisa menerapkan pola hidup sehat dalam keseharianya, “harapnya.

Reporter/ Foto : Navin Niskal

No comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *