Menyongsong Tahun Baru Islam, Warga Desa Cigombong Gelar Tradisi Pawai Obor 


B-CHANNEL, CIGOMBONG – Ratusan warga Desa Cigombong, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor menggelar acara pawai obor di sepanjang Jalan Edi Sukma KM. 21, Senin Malam (10/09/18).

Kelap-kelip cahaya api obor yang dibawa ratusan orang berpakaian muslim, mulai dari anak anak, remaja sampai orang tua terlihat bersemangat sambil melantunkan alunan suara takbir dan dzikir yang menggema menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharam 1440 Hijriah.

Pelaksanaan pawai obor tersebut dilaksanakan usai Isya dengan mulai star dari kantor Kecamatan Cigombong. Kemudian menuju kampung Bata Alam yang dilanjutkan ke kampung Siliwangi Perumahan Mutiara Lido dan kembali ke kantor kecamatan dengan pengamanan
sejumlah petugas kepolisian bersama Satpol PP Kecamatan Cigombong dibantu masyarakat sekitar.

Menurut salah seorang tokoh masyarakat cigombong, H.Asep, pawai obor yang digelar dalam menyambut tahun baru Islam atau 1 Muharram ini memiliki makna penting sebagai penerang dan suka cita dalam menyongsong tahun baru islam.

“Tradisi menyambut tahun baru Islam dengan pawai obor sudah lama tidak dilaksanakan, makanya pada tahun baru Islam sekarang masyarakat cigombong menghidupkan kembali tradisi yang sudah lama padam, “ujarnya.

Ia menambahkan, untuk menyambut tahun baru islam melalui tradisi pawai obor ini, kedepannya akan dijadikan agenda tahunan khususnya oleh warga masyarakat cigombong RT 01,RW 01.

“Kita ingin memaknainya bahwa dalam kegelapan selalu ada penerangan, karena seperti itulah Islam yang mengeluarkan kita dari zaman kegelapan menuju zaman cahaya, “katanya.

Ketua Panitia Pawai Obor Taufik Hidayat menyatakan, bahwa pawai obor akan dijadikan momentum untuk bangkitnya kembali nilai-nilai islam dan kebersamaan masyarakat cigombong.

“Bahkan rencananya tahun depan tidak hanya akan diikuti oleh warga dilingkungan RW 01 saja, tetapi kita ingin seluruh masyarakat Desa Cigombong bisa merayakan dalam kebersamaan menuju masyarakat cigombong yang islami dan aman, “pungkasnya.

Reporter: Agus Sudrajat

No comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *