Joko Purwanto Bagikan Puluhan Ribu Bibit Jambu Kristal


Loading

B-CHANNEL, KOTA BOGOR– Anggota DPR RI dari Fraksi PPP, Joko Purwanto membagikan sekitar 50 ribu bibit tanaman buah jenis Jambu Kristal. Secara simbolis, sebanyak 3500 bibit Jambu Kristal , 150 Liter pupuk organik hayati dan 300 pot begonia yang terdiri dari 8 varietas, dibagikan kepada masyarakat di Kampung Katulampa, Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur, Senin (27/8/18).

Kegiatan yang dikemas dalam Diseminasi Iptek LIPI tentang pemanfaatan dan penerimaan iptek untuk masyarakat, dihadiri ratusan warga yang berasal dari wilayah Kecamatan Bogor Timur dan sekitarnya. Setelah acara selesai, para peserta juga melakukan penanaman pohon di area lingkungan masyarakat.

“Hari ini saya bawa produk yang dikembangkan oleh LIPI dan kemudian targetnya menggairahkan masyakarat Kota Bogor untuk bisa meningkatkan taraf perekonomian mereka di masa mendatang,” kata Joko.

Menurut Joko, Kota Bogor dipilih untuk menjadi pusat penghasil buah Jambu Kristal di masa mendatang. Karena, masyarakat yang mau melakukan inovasi dengan lahan yang terbatas, melakukan  terobosan dan sangat antusias menanam pohon buah buahan di lahan yang seadanya.

“Kita berikan informasi kepada masyarakat, konsep dari hulu sampai hilirnya. Jadi bukan hanya menanam saja, termasuk perawatan hingga panen tanaman buah tersebut. Saya melihat masyarakat Kota Bogor lebih aspiratif, karena dengan lahan yang terbatas mereka menemukan terobosan untuk melakukan budi daya mereka merasa tertantang untuk meningkatkan ekonomi mereka,” ucap Joko yang kini maju kembali sebagai Bacaleg DPR RI Dapil Kota Bogor dan Cianjur ini.

Joko Purwanto juga mengharapkan bisa membuat daerah Katulampa menjadi daerah penghasil komoditi jambu kristal.

“Karena cukup miris, kita masyarakat Kota Bogor yang biasa merasakan iklim yang dingin dan menjadi kota hujan tapi kini menjadi kota yang panas dan mungkin karena pohonnya sudah berkurang, maka dari itu kita coba tanamkan kembali pohon,” jelasnya.

Kepala pusat penelitian biologi LIPI, Dr. Ir. Witjaksono mengharapkan dengan adanya diseminasi, teknologi yang dikembangkan bisa bermanfaat untuk masyarakat dan membantu pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Untuk jambu kristal yang bibitnya hasil okulasi dan jika ditanam hasilnya akan seragam rasanya dan kualitasnya, maka daerah katulampa bisa menjadi produsen jambu kristal” jelasnya. (*)

No comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *