Istri Kades Se-Kecamatan Cijeruk Ikuti Pembinaan dan Pengendalian Bansos


Loading

B-CHANNEL, CIJERUK – Seluruh istri Kepala Desa se-Kecamatan Cijeruk bersama Kasi PKM Desa dan sejumlah Kader Posyandu mengikuti kegiatan penyuluhan Pembinaan dan Pengendalian Bantuan Sosial di aula kantor Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Kamis (04/01/18).

Kegiatan yang digelar Pemerintah Kecamatan Cijeruk itu dalam rangka mensosialisasikan bantuan sosial berbentuk rastra (beras sejahtera) yang akan berganti menjadi program KPM atau bantuan pangan non tunai.

“Penjelasannya hanya mengenai keluarga penerima manfaat (KPM) akan memperoleh bansos berupa kartu subsidi, dimana dalam kartunya ini nanti ada saldo sebesar 110.000 ribu untuk KPM dalam tiap bulannya, “kata Sekretaris Kecamatan Cijeruk, Irwan Somantri

Ia menerangkan, nilai uang bagi warga penerima kartu tersebut nantinya dapat dibelanjakan untuk membeli sejumlah sembako yang masuk dalam cakupan bansos, seperti beras dan telur.

“Tapi, untuk pembelian bahan pangannya tidak bisa diwarung mana saja, melainkan hanya dapat dibeli disejumlah kios yang telah ditunjuk atau kerjasama dengan pemerintah yakni e-warung, rumah pangan kita (bulog) dan warung, “terangnya.

Selain kegiatan penyuluhan, sambung Irwan, juga ada sosialisasi program stunting (gizi buruk) dengan menghadirkan nara sumber ahli medis dari puskesmas. Tujuannya untuk memberikan penyuluhan mengenai bagaimana cara penanganan secara medis yang bisa ditangani masyarakat.

“Termasuk kegiatan yang sudah dicanangkan Pemerintah Kabupaten Bogor yaitu progran TNI KBkes yang akan dijalankan didesa. Karenanya, kami berharap, mereka yakni para Kader Posyandu, Kasi PKM Desa dan ibu-ibu Kades yang hari ini ikut penyuluhan bisa memahaminya. Sebab, mereka ini sebagai ujung tombak pelayan kesehatan yang langsung bersentuhan dengan masyarakat, “tutur Irwan.

Reporter : Agus Sudrajat

No comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *