Hadapi UNBK, Siswa SMPN 01 Cigombong Ikuti Try Out KP


B-CHANNEL, CIGOMBONG – Uji coba ujian nasional (UN) tingkat SMP di Kabupaten Bogor, hari ini mulai dilaksanakan, salah satu yang menyelenggarakan uji coba yang lebih dikenal dengan Try Out (TO) SMP Negeri 01 Cigombong, Senin (11/01/19).

Kepala SMP Negeri 01 Cigombong, Wahyudin mengatakan pelaksanaan Try Out Kertas Pensil (KP) ini diselenggarakan dalam rangka mempersiapkan siswa menghadapi UNBK tahun ajaran 2019.

“Ada 381 siswa yang hari ini mengikuti TO KP, sedangkan bagi siswa SMP Terbuka yang menginduk ke sekolah kami ada 47, tapi pelaksanaannya di Cinagara, tidak ditarik kesini, hanya administrasinya saja,”jelas Wahyudin.

Ia menerangkan, kegiatan TO KP akan diselenggarakan selama 2 hari, mulai dari tanggal 11 hingga 12 Februari 2019. Tujuannya, untuk melatih siswa dalam pemahaman materi pembelajaran yang bakal diujikan nanti.

“Ada 4 mata pelajaran yang diujikan pada try out ini meliputi Matematika, IPA, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Soalnya pun dibuat oleh Dinas Pendidikan yang difasilitasi MKKS. Esensi soal-soalnya berdasarkan SKL dan kisi-kisi UN, “ujarnya.

Masih kata Wahyu, sesuai dengan visi misi yakni unggul dalam prestasi, pihaknya akan meningkatkan prestasi baik itu prestasi akademik maupun non akademik. Terlebih, tahun ini sekolahnya terus berupaya meningkatkan prestasi, terutama prestasi akademik yang setiap tahunnya menargetkan hasil UN dan USBN rata-ratanya 0,5.

“Tapi, peraihan 0,5 ini sangat berat dan tidak mudah didapat, karenanya dalam 4 tahun kedepan itu rata-rata paling naiknya bisa 2. Sementara, yang dicapai oleh sekolah ini rata-rata baru di 67, mungkin di 2 tahun selanjutnya baru bisa menginjak ke angka 68,”terangnya.

Mengenai kegiatan Try Out Berbasis Komputer (BK), lanjutnya, akan diselenggarakan selama 4 hari. Pelaksanaannya dimulai tanggal 11 sampai 14 Maret 2019. Tujuannya sendiri, selain guna melatih materi pembelajaran, juga untuk melatih anak agar terampil dalam melaksanakan UNBK nanti.

“Kami berharap, hasil try out siswa dapat diraih secara maksimal. Sebab dengan begitu bisa memudahkan semua pihak untuk mengambil sikap dan langkah selanjutnya dalam mempersiapkan UNBK nanti, “pungkasnya.

Reporter : Agus Sudrajat

Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *