Gelar Simulasi dan Bimtek, BPBD Libatkan TNI AD


B-CHANNEL, CIJERUK – Sebagai upaya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan berkaitan dengan bencana alam, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor menggelar Simulasi Bimbingan Teknis (Bimtek) Penanggulangan Bencana Longsor.

Kegiatan yang dilaksanakan di kantor aula Desa Warung Menteng, Kecamatan Cijeruk, Bogor ini dibuka langsung oleh Camat Cijeruk yang diwakili Sekretaris Camat Cijeruk, R.E. Irwan Somantri.

“Bimtek ini adalah suatu proses yang dinamis berlanjut dan terpadu guna meningkatkan kualitas langkah – langkah yang berhubungan dengan obsevasi serta pencegahan dan kesiapsiagaan dalam rangka penanganan darurat rehabilitasi yang diakibatkan oleh bencana, “kata Sekcam Cijeruk, Irwan kepada wartawan, Senin (16/07/18).

Oleh karena itu, tambahnya, melalui bimtek tersebut diharapkan akan semakin meningkatkan kemampuan masyarakat dalam menanggulangi bencana diwilayah. Sehingga penanganan bencana lebih cepat, tepat dan dapat meminimalisirkan kerugian dan korban jiwa.

“Intinya bukan bencananya, tapi kesiapsiagaannya. Mengingat, yang
menyelamatkan kita pada saat bencana adalah diri sendiri, “ungkapnya.

Sementara, Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Bogor, Dede Hermansyah mengatakan kegiatan yang dilakukan saat ini, selain bimbingan teknis juga dilakukan simulasi penanggulangan bencana longsor yang ditujukan pada masyarakat Desa Warung Menteng. dengan maksud tujuan agar nasyarakat mempunyai kemampuan sekaligus kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana lonsor.

“Seperti kita ketahui, kalau bicara tentang pengurangan resiko terhadap jatuhnya korban bencana alam sesungguhnya adalah bagaimana kita mengoptimalkan kapasitas dari masyarakat dalam menghadapi bencana. Jadi apa yang kita lakukan saat ini adalah dalam rangka meningkatkan kapasitas menghadapi bencana, “ujarnya

Ia menjelaskan, kegiatan tersebut akan dilaksanakan selama tiga hari dengan jumlah pesertanya sebanyak 50 orang berasal dari sembilan desa yang ada di wilayah Kecamatan Cijeruk. Sedangkan, untuk pemberian materi sekaligus simulasi melibatkan instruktur hasil kerjasama dengan Batalion Pembekalan (bekang) 1 Kostrad TNI AD.

“Kita sengaja melibatkan TNI, karena dalam setiap penanggulangan bencana tidak bisa bekerja sendiri pastinya ada unsur lain yang terlibat. Maka dari itu, kedepanya juga kerja sama ini akan kita libatkan pihak kepolisian. Apalagi Simulasi dan Bimtek Penanggulangan Bencana Longsor merupakan acara rutin bagian dari kita (BPBD), “tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Desa Warung Menteng, Maman Fatuloh bersyukur dan mengucapkan terima kasih pada pihak BPBD yang telah memberikan pelatihan simulasi bimtek. Sebab, dengan kegiatan tersebut diharapkan masyarakat bisa mengetahui bagaimana cara penanggulangan bencana, termasuk mendeteksi dini rawan bencana.

“Ini sangat bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi masyarakat yang ada diwilayah selatan khususnya di Desa Warung Menteng Kecamatan Cijeruk yang memang rawan longsor. Apalagi, kan belum lama ini wilayah Desa Warung Mentang terkena musibah bencana kejadian longsor yang menimpa warga kita sendiri, “pungkasnya.

 

Reporter/Foto : Agus Sudrajat

No comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *