Gali Ilmu, Apdesi Kabupaten Bangka Kunjungi Desa Tugu Jaya


Loading

B-CHANNEL, CIGOMBONG – Sejumlah Kepala Desa yang tergabung dalam DPC Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia, (Apdesi) se-Kabupaten Bangka bersama Pejabat Eselon II dan jajaran Pegawai Pemerintahan Kabupaten Bangka, melakukan kunjungan kerja ke Desa Tugu Jaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, Minggu (23/09/18).

Pjs Apdesi Kabupaten Bangka, Zarkasi, mengatakan, kunjungan tersebut dalam rangka melaksanakan kegiatan Orientasi Lapangan dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penatausahaan Keuangan Desa berdasarkan Permendagri no 20 tahun 2018.

“Intinya kami ingin memperdalam hasil produk Permendagri no 20 perubahan atas Permendagri no 113 2018 tentang Penatausahaan Keuangan Desa. Inplementasi yang akan kita ambil soal bagaimana penerapan administrasi keuangan Desa Tugu. Dimana, dari level desa, kecamatan bahkan kabupaten, Desa Tugu Jaya yang terbaik, “katanya.

Ia menjelaskan, dalam hal kunjungannya kesalah satu desa yang relepan penerapannya, Apdesi Kabupaten Bangka sudah mendapat kesepakatan bersama dan persetujuan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka terutama dari Dinsos Pemdes, Kejaksaan serta Kepolisian.

“Makanya kita datang kesini untuk bertukar ilmu dan meningkatkan SDM melalui Bimtek tentang pengelolaan Aset Desa maupun Siskaudes. Hasilnya nanti bisa diterapkan pada aparatur desa seperti sekdes, bendahara, kasi dan kaur, minimal sedikit banyak kita ingin ada hasil dari Desa Tugu Jaya ini, “ucapnya.

Potensi Kabupaten Bangka sendiri lebih pada bidang sektor pertanian seperti lada, sawit, dan karet. Namun saat ini yang lagi mendominasi adalah ubi kasesa atau istilah umumnya ubi racun, sedangkan dari sektor pertambangan tetap pada pertambangan timah.

“Melalui bimtek ini, berharap Desa Tugu Jaya bisa meneladani kita, sebab banyak output dan outkam yang bisa diambil terutama dari sisi pelayanan yakni mengenai pembuatan akta lahir, KK, surat nikah, ktp, yang mana masyarakatnya langsung datang ke desa, ini yang belum kita lakukan dan akan menjadi reperensi kedepannya dalam meningkatkan pelayanan pemerintahan di desa kita, “terangnya.

Sementara, Kepala Desa Tugu Jaya, Sugandi Sigit mengungkapkan rasa bangganya karena telah mendapat kunjungan rombongan Apdesi dan pejabat Pemerintah Kabupaten Bangka sebagai lanjutan dari hasil Bimtek dan Orientasi Lapangan mereka selama empat hari.

“Semoga ini menjadi motivasi khususnya untuk bisa lebih memajukan Desa Tugu jaya, sekaligus buat rekan – rekan lainnya di Kabupaten Bogor. Mengingat, keberadaan kita dibogor sebagai penyanggah DKI, sehingga banyak sorotan dari pulau jawa jika kita ini sudah dianggap maju, dan inilah harapan kita bahwa Kabupaten Bogor harus lebih maju lagi, “tuturnya.

Reporter: Agus Sudrajat

No comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *