Diskanak dan LPPOM MUI Kabupaten Bogor Latih Kader Penanganan Hewan Qurban


Loading

B-CHANNEL, CIJERUK – Menjelang hari raya Idul Adha 1439 H 2018, Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) dengan Lembaga Pengkajian Pangan Obat-Obatan dan Kosmetika (LPPOM) MUI Kabupaten Bogor, melaksanakan pelatihan Pengembangan Kader Penanganan Hewan Qurban di aula kantor Kecamatan Cijeruk, Kamis (26/07/18).

Medik Veteriner Seksi Kesehatan dan Daging Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Bogor, drh. Toif Hidayatulloh menyatakan, kegiatan mensosialisasikan hewan qurban berkualitas ini ditujukan bagi masyarakat Kabupaten Bogor.

“Target sasarannya adalah penyedia atau pedagang hewan qurban, para panitia¬†qurban di DKM serta masyarakat umum sebagai penerima daging qurban. Untuk materi tata cara penyembelihan kehalalannya dilakukan dari LPPOM MUI Kabupaten Bogor yang akan mengisi. Sedangkan dari sisi kesehatan dan hygenitas dagingnya itu dari Dinas Peternakan hingga dilanjutkan pada praktek penyembelihan, “terang Toif.

Lebih lanjut, pihaknya menjelaskan, tujuan dimaksudkan kegiatan ini untuk memberi pemahaman kepada peserta mengenai bagaimana tata cara penyembelihan hewan qurban yang sesuai syariat islam. Kemudian cara merebahkannya, terutama hewan kambing dan sapi ketika akan disembelih.

“Pada intinya, supaya proses kesejahteraan hewannya terjaga, karena kalau dipotong dalam kondisi tersiksa dia akan stres dan hal-hal seperti ini akan menyebabkan proses pengeluaran darah tidak sempurna, akhirnya menyebabkan dagingnya kurang hygienis, “ujarnya.

Dijelaskan Dia, Dinas Perikanan dan Peternakan menyelenggarakan kegiatan ini biasanya dalam rangkaian pengamanan hewan kurban setiap tahun menjelang Idul Adha, mulai dari sesi pemeriksaan di sentra-sentra peternakan, pemeriksaan dilapak-lapak hewan qurban serta pemberian faksinasi antrak.

“Makanya, hari ini kita gelar Penyelenggaraan Pengembangan Kader Penanganan Hewan Qurban bagi anggota DKM di setiap kecamatan yang padat pemotongan ternak dan kebetulan ditahun ini adalah Kecamatan Cijeruk, “terangnya.

 

Reporter/Foto : Agus Sudrajat

No comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *