Desa Pasir Jaya Masuk 10 Besar Lomba Pancaniti Apik 2018


Loading

B-CHANNEL, CIGOMBONG – Tim penilai Pancaniti Apik dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapeda) Kabupaten Bogor, malakukan kunjungan ke Desa Pasir Jaya, Kecamatan Cigombong. Bertujuan untuk melakukan observasi lapangan di Desa Pasir Jaya yang masuk sepuluh besar pada lomba Pancaniti Apik tahun 2018.

“Kita datang kesini itu untuk melakukan penilaian tahap empat dari lima tahapan yang akan kita laksanakan dan ini sesuai dengan arti pancaniti itu sendiri yaitu panca berarti lima dan niti adalah tahap,”kata┬áKasubbid Pemerintahan Bapeda Litbang, Rubiyanti, Selasa (04/12/18).

Untuk penilaian, jelas Rubiyanti dilihat daripada kerapihan dalam menyusun RKP Desa. Dimana, tim penilainya itu melibatkan unsur kecamatan dan dari tim penilai desa serta tim teknis Bapeda.

“Jadi, sekarang hanya observasi lapangan dulu, adapun untuk penilaian kelima itu nanti oleh juri independen dan dari kementrian yang membidangi desa. Karenanya, kita berharap dalam anugrah Pancaniti Apik ini bisa dijadikan bahan pelajaran bagi desa lain untuk meningkatkan bahan pelaporan adminitrasi termasuk RKP desa lebih baik, sebab setiap tahunnya program Pancaniti Apik ini akan diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Bogor,”jelasnya.Rubiyanti.

Kepala Desa Pasir Jaya, Gina Margina menganggap bahwa dengan masuknya sepuluh besar pada lomba Pancaniti Apik ini merupakan sebuah prestasi dan kebanggaan tersendiri bagi Pemerintahan Desa Wates Jaya.

“Dengan bisa masuk sepuluh besar, kami merasa bangga, karena telah menunjukan bahwa sistem pelaporan RKP desa ini baik. Makanya, kami akan berusaha terus sebaik mungkin dan yang terpenting bukan menang atau kalah, namun ada pelajaran yang didapat yakni pembuatan pelaporan yang baik. Meskipun sebenarnya harapan tetap ada untuk yang terbaik,”kata Gina.

Reporter : Agus Sudrajat

No comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *