Desa Citeko Raih Penghargaan Best Of The Best Pratama


Loading

B-CHANNEL, CISARUA – Kampung Citeko Panjang, Desa Citeko, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor meraih penghargaan kategori ‘Best Of The Best’ Pratama dalam ajang Kampung Ramah Lingkungan Award 2018 dari Pemerintah Kabupaten Bogor.

Raihan penghargaan ini tidak terlepas adanya sepak terjang Pemerintah Desa Citeko yang selama ini telah membina khususnya warga kampung tersebut akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup.

Kepala Desa Citeko, Syahrudin menuturkan proses peraihan tersebut diawali dari pendirian ekovileg bersama warga, hingga kemudian mengajukan dan mengusulkan adanya satu kampung di RT 03, RW 09 untuk dijadikan kampung batik.

“Jadi, setelah kita usulkan semua rumah warga jadi motif berbatik yang bersamaan ikut pada perlombaan Cibinong Green and Clean kabupaten bogor dan Kampung Ramah Lingkungan. Alhamdulillah, kemarin kita mendapat penghargaan Best Of The Best Pratama kategori Kampung Ramah Lingkungan, “katanya, Selasa (16/10/18).

Ia menjelaskan, sistem penilaian yang dilakukan tim penilai kabupaten melihat pada administrasi seperti penyusunan rencana program kerja dan pembiayaannya. Termasuk penilaian terhadap realisasi program seperti tingkat manfaat bagi masyarakat, kekompakan dan konsistensi penyelenggaraannya.

“Mekanisme penilaiannya seperti itu, sedangkan kaitan penilaian kepada warga kampung kami, melihat pada pembuatan dapur bumbu yang ditanam disekitar pekarangan rumah atau dapur hidup, “ujarnya.

Disamping itu, Pemdes Citeko telah meminimalisir bak sampah untuk penampungan sampah basah yang nantinya bisa dijadikan pupuk organik maupun kompos. Termasuk, pembuatan lubang biopori bagi tiga atau lima keluarga untuk satu lubangnya.

Reporter: Agus Sudrajat

No comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *