Cerita Heri Cahyono Dibalik Suksesnya GTP Kota Bogor


Loading

B-CHANNEL, KOTA BOGOR – Setiap seseorang memiliki pemikiran berbeda, namun jika saja yang dipikirkannya sesuatu yang positif, maka akan menemukan keajaiban yang menyertai perjalanan yang dipikirkannya itu. Hal tersebut diungkapkan salah seorang penggagas Gerakan Tanam Pohon (GTP), Kota Bogor Heri Cahyono.

Menurut Heri, berpikir positif akan menemukan hal paling baru, apalagi berkaitan dengan GTP. Seperti beberapa hari lalu saat dalam perjalanannya disekitar Jakarta Pusat yang merenung bagaimana gagasan dan ide dalam aksi GTP kedepan bisa lebih mendapatkan perhatian luas dimasyarakat, sehingga masyarakat tergerak untuk sukarela menanam pohon dihalaman masing masing.

“Dari pemikiran ini, saya pun punya ide, kalau GTP kedepan harus bergerak lebih inovatif dengan cara menanam pohon bibit unggul yang sudah berbuah, sehingga saat ditanam buahnya sudah kelihatan. Karena, saya yakin masyarakat tentu senang melihatnya dan tertarik serta akan menanam pohon serupa di rumahnya,”ucap Heri, kepada bogorchannel.id, Minggu (09/09/18) disela kegiatan menanam pohon.

Namun, semua itu dibutuhkan pohon buah unggul yang sudah berbuah dipohonnya, sementara untuk mencari pohon unggul tidak mudah didapat hingga jadi persoalan lagi.

“Tapi beruntunglah, bisa menemukan yang diinginkan, buktinya, ketika diperjalanan tepat di lapangan banteng jakarta, saya menemukan sebuah acara pameran pohon buah-buahan. Kelihatan sekali dari jalan tempat saya lewat, dimana buah-buahnya bergelantungan, saya takjub, kok apa yang saya pikirkan langsung bisa terjawab, lalu minta supir saya berhenti dan saya pun turun dari mobil untuk melihat-lihat pohon tersebut, sampai akhirnya tertarik hingga ingin membelinya, “tuturnya.

Lebih lanjut Heri menambahkan, saat didalam area pameran, salah seorang pedagang menghampiri dan bertanya soal kebutuhannya yakni mencari pohon yang sudah ada buahnya untuk ditanam di Kota Bogor pada kegiatan GTP yang diselenggarakan setiap minggu. Namun, sayang, yang diinginkan tidak didapat dipameran itu, tapi disarankan untuk ke pusat pembibitan di Bogor biar tidak jauh dan lebih bisa memilih berbagai jenis pohon.

“Dan beberapa hari kemudian, saya pun pergi ke Kota Batu Bogor, yakni sebuah kebun buah sangat luas dengan bermacam- macam pohon buah yang luar biasa. Lalu, saya ngobrol dengan pemiliknya tentang GTP dan aktivitas mingguan dan diakhir pembicaraan pemiliknya ga mau dibayar, sebaliknya dia sangat apresiasi terhadap GTP hingga mendonasikan pohon yang sudah dipilih dan akan saya bayar saat itu juga, “ungkapnya.

Pohon yang dipilihnya merupakan satu jenis nangka, rambutan, sawo kecik dan jambu kristal yang semua sudah ada buahnya dan berbunga serta 4 pohon kedondong.

“Semua pohon itu, hari ini sudah ditaman dihalaman Harian Media Cetak di Bogor yang merupakan suatu kehormatan GTP diberikan kesempatan menanam pohon di kantor Graha Pena. Radar Bogor punya peran besar dalam mendorong gerakan cinta lingkungan melalui publikasi terhadap kegiatan GTP,”ungkap Heri juga Wakil Ketua DPRD Kota Bogor itu.

Reporter: Agus Sudrajat

No comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *