Bahtera Gurning Isi Materi Softskill Diklat UKM Debat Unpak


B-CHANNEL, KOTA BOGOR– Belum lama ini, Fakultas Hukum Universitas Pakuan (Unpak) Bogor menggelar pendidikan dan latihan (Diklat) penerimaan anggota baru khusus UKM DMP FH Unpak.

Hadir sebagai nara sumber pemateri  Bahtera Gurning, SH.,MH. Dalam materinya, Bahtera menyampaikan tentang manajemen keorganisasian, didalamnya disampaikan bagaimana organisasi yang baik dapat berjalan dan meskipun timbul konflik namun anggota tidak akan memutuskan untuk keluar dari organisasi tersebut.

Motto daripada UKM, tambah Bahtera, adalah kontrol emosi dan pemikiran adalah kunci keberhasilan. Artinya, tidak cukup emosi namun harus disertai pemikiran yang baik, maupun sebaliknya pemikiran tanpa berani diutarakan juga tidak baik.

Menurutnya, UKM yang didirikan 14 juli 2011 lalu bertujuan untuk melatih mahasiswa berprestasi dibidang akademik dan non akademik, baik didalam kampus maupun diluar kampus.

Sementara alumni UKM debat juga salah satu tim pendiri Memoris Laia, S.H, yang hadir dalam acara, mengapresiasi adik adik yang masih duduk dibangku mahasiswa.

“Mahasiswa yang masih mau belajar berorganisasi, khususnya belajar debat dan mengkaji kajian hukum untuk mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang diberikan dosen,”kata Memoris.

Sementara, Ketua Panitia Diklat, Sintia Agustina Bakara mengatakan, anggota UKM debat sudah memiliki anggota sebanyak ratusan, anggota yang baru di sahkan saat ini 26 orang anggota oleh Memoris Laia, yang adalah salah satu tim pendiri UKM Debat FH Unpak.

Terpisah, Sekjen selaku bagian dari pendiri UKM debat, Dewi Paramita Tobing, S.H menuturkan, bahwa UKM didirikan pada saat Dekan FH Unpak  Dr.Sri Utari, SH.MH (almarhum).

Dewi menyampaikan bahwa, dari awal berdiri UKM debat ini sudah mengantongi banyak prestasi debat, baik tingkat lokal Jabodetabek hingga lomba debat Nasional.

“Semoga saja UKM debat ini bisa jadi wadah anggotanya untuk belajar, sebelum lulus menjadi sarjana hukum. Setahu saya alumninya sudah banyak jadi Legal Officer perusahaan besar, PNs bahkan Lawyer kondang,”tutup Dewi yang kini menjabat sebagai HRD diperusahaan PMA PT Biomass Fuel Indonesia. (dr/bc)

 

 

 

Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *