22 Rumah Warga di Rancamaya Terendam Banjir, Bima Arya Intruksikan Ini


Loading

B-CHANNEL, KOTA BOGOR– Pemukiman warga di Kampung Rancamaya, Cikobak, RT03/04  Kelurahan Bojongkerta, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor dilanda banjir.

Banjir terjadi pada Rabu (02/01/19), sekitar pukul 13:00 WIB siang. Sedikitnya, 22 rumah warga terendam banjir diketinggian 1 meter.

Menurut Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto, banjir diakibatkan oleh intensitas curah hujan yang cukup tinggi genangan air yang menggenangi pemukiman warga diduga efek pembangunan Tol Bocimi yang menjadikan saluran drinase menyempit.

“Genangan air ini diakibatkan oleh curah hujan tinggi debit dan volume airnya naik, tetapi saya liat dilapangan juga, kemungkinan besar ada indikasi karena efek dari pengerjaan di bocimi, membuat saluran drinese nya ini keliatannya mengecil, karena jalannya ini turun tidak ada perut jalan, karena sering dilewati alat-alat berat, kemudian di beberapa titik juga tadi di laporkan kemungkinan diduga ada kaitannya karena dampak bocimi,”jelas Bima kepada awak media di lokasi banjir.

Jangka pendek sekarang, sambung Bima, ada 22 keluarga ini di ungsikan dulu di mesjid.

“Saya intruksikan kepada dinas sosial dan BPBD untuk pengadaan alas tidur, pakaian dan makanan yang dibutuhkan, kemudian Damkar akan segera kesini untuk menyedot airnya dulu, PUPR akan menghubungi pihak bocimi untuk bersama-sama melakukan perbaikan-perbaikan fisik yang di perlukan untuk jangka pendek dan jangka panjang,”kata Bima.

Sedangkan untuk barang-barang warga yang rusak, lanjut Bima, terutama surat-surat penting milik warga, pihaknya telah merintahkan Camat dan lurah untuk segera melakukan pendataan agar masyarakat dapat segera mengurus surat-surat penting seperti KTP, Kartu Keluarga dan lain-lain.

“Saya telah perintahkan camat dan lurah untuk melakukan pendataan terutama surat-surat KK dan sebagainya silahkan di urus, yang kaitannya dengan surat-surat segera di urus,”pungkasnya.

Reporter: Achmad Junaedi

No comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *