‘Sunda Its Me’, Disparbud Ajak Milenial Tak Minder Bahasa Sunda


B-CHANNEL, KOTA BOGOR– Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bogor menggelar aksi kampanye bahasa sunda dengan tema ‘Sunda Its Me’ yang artinya dalam bahasa sunda “Sunda teh Abdi”. Kampanye dipimpin langsung Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bogor Shahlan Rasyidi beserta Kabid dan Kasi di bidang kebudayaan.

Aksi kampanye dilakukan dengan long march pada Minggu (20/10/19), di seputaran jalur pedestrian Kebun Raya Bogor hingga lapangan sebagai wujud kepedulian Pemerintah Daerah dalam melestarikan budaya sunda khususnya bahasa sunda.

Menurut Kadisparbud Kota Bogor, Shahlan bahwa kampanye ini salah satu bentuk kegiatan dalam rangka memartabatkan dan melestarikan bahasa sunda di kalangan masyarakat khususnya masyarakat Kota Bogor.

Kegiatan ini di gagas oleh Bidang Kebudayaan Disparbud Kota Bogor bekerja sama dengan sekolah vokasi IPB jurusan ekowisata .

Kabid Kebudayaan Syinta Juwita menjelaskan, bahwa kampanye bertujuan menyadarkan masyarakat khususnya generasi muda agar tidak minder dalam menggunakan bahasa sunda dalam pergaulan sehari-hari ini melibatkan 100 Mahasiswa dan Mahasiswi generasi milenial.

Menurutnya, dalam kegiatan, mereka cukup antusias mensukseskan acara tersebut. Dalam hal ini, mereka telah mencerminkan bahwa sebagian generasi muda masih memiliki kepedulian dan kesadaran yang cukup tinggi terhadap budaya dalam hal ini bahasa sunda sebagai aset budaya daerah yang semestinya dilestarikan dan dipertahankan agar terbentuk jati diri urang sunda.

“Karena sekarang banyak orang yang minder, terutama generasi muda untuk berbicara dengan bahasa sunda, padahal mereka semua adalah orang sunda. Lewat aksi ini kita ingin menyuarakan kalau bahasa sunda tidak kalah populer dengan bahasa lainnya. Bahasa sunda yang di kampanyekan merupakan bahasa komunikasi dalam keluarga yang cukup efektif dan strategis,”tukas Shynta.

Seni dan Budaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *