KTP Digital Resmi Gantikan KTP-el, Disdukcapil Kota Bogor Jadi Contoh Kota Lain


Loading

B-CHANNEL, KOTA BOGOR– Kartu Tanda Penduduk (KTP) digital resmi diterapkan untuk menggantikan KTP elektronik (KTP-el) yang banyak mendapat keluhan di masyarakat. KTP digital ini dikenal dengan sebutan Identitas Kependudukan Digital (IKD).

Direktur Jenderal Dukcapil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Zudan Arif Fakrulloh mengatakan secara sederhana IKD ini berbentuk seperti KTP yang bisa dimiliki di handphone.

Demikian disampaikan Zudan dalam Rakornas Dukcapil 2023 yang mengangkat tema “Digitalisasi Adminduk untuk Kemudahan Layanan Publik dan Pemilu 2024” di Manado, Sulawesi Utara, Rabu (08/02/23).

“Jadi kita tidak lagi menambahkan blanko tetapi kita mendigitalkan pelayanan adminduk. KTP elektronik diganti KTP digital,” terang Sudah Arif Fakrullah, Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri.

Lebih lanjut Zudan mengatakan, Dukcapil menargetkan sebanyak 25% dari 277 juta penduduk Indonesia dapat menggunakan IKD tahun ini. Target ini juga berlaku bagi Dinas Dukcapil di 514 kabupaten/kota di Indonesia. Nantinya, apabila masyarakat ingin mendaftarkan aplikasi IKD, ia perlu didampingi petugas Dukcapil karena memerlukan verifikasi dan validasi yang ketat dengan teknologi face recognition.

“Sekali datang pemohon bisa langsung dapat KTP Digital, dokumen kependudukan lainnya seperti KK dan lainnya sudah bisa langsung dipindahkan data digitalnya ke hp pemohon,” ujarnya.

Tak ubahnya yang berada di Disdukcapil Kota Bogor, dimana KTP digital sudah diberlakukan beberapa bulan ini. Bahkan banyak kota lain mencontoh pelayanan KTP digital ini, untuk diterapkan di kota-kota lainnya. (***)

 

 

Comments are disabled.