Jelang Pemilu, Polres Bogor Gelar Apel Pasukan OPS Mantap Brata


Loading

B-CHANNEL, BOGOR – Pasukan Operasi Brata Polres Bogor menggelar apel gelar pasukan, untuk persiapan pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Presiden tahun 2019, di lapangan Mako Polres Bogor, Rabu (19/09/18).

Peserta gelar pasukan terdiri dari Polri, TNI, Sat Pol PP, Dishub, Linmas, Damkar serta BPBD.

Apel dipimpin langsung Kapolres Bogor AKBP. Andi Moch. Dicky dihadiri unsur Muspida dan Muspika Kabupaten Bogor.

Menurut Kapolres, pengamanan Pilpres 2019, kepolisian tidak underestimate atau tidak akan menganggap remeh.

Kapolres mengatakan, kepolisian akan tetap melaksanakan latihan untuk Operasi Mantap Brata, termasuk menyiapkan sarana dan prasarana untuk pelaksanaan pengamanan, terutama saat melakukan pemungutan suara yang akan dilaksanakan pada 8 bulan yang akan datang.

“Karena itu, kita akan melakukan operasi awal yakni Cipta Kondisi seperti patroli, tujuannya untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi warga masyarakat,”kata Kapolres.

Kapolres menjelaskan, pihak kepolisian akan bekerjasama dengan stakeholder dan masyarakat demi kelancaran dan keamanan menjelang pemungutan suara Pilpres 2019. Salah satu yang akan menjadi perhatiannya adalah soal hoax dan ujaran kebencian. Sebab, bagaimanapun juga benar atau tidak itu bisa saja merupakan kampanye negatif.

“Semua telah di atur dalam Undang – Undang ITE dan KUHP maupun Undang – Undang Pemilu, karenanya kita menghimbau agar masyarakat tidak berbuat dan menyebarkan ujaran kebencian serta hoax, karena ada konsekuensi hukumnya. Dimana, apabila dilakukan atau dibiarkan akan terjadi konflik atau disintegrasi. Jika ini terjadi, kita akan menindak tegas terhadap siapapun yang melakukan kasus tersebut, “tegasnya.

Dalam pengamanan Pilpres 2019, tingkat kerawanan dan kejahatan seperti terorisme, kelompok radikal, dan kelompok – kelompok yang tidak menginginkan NKRI pastinya ada.

Oleh sebab itu, untuk menjaga hal -hal yang tidak didinginkan Kepolisian Resort Bogor akan menerjunkan pasukan semaksimal mungkin yakni 1.900 Personil.

Jumlah pasukan ini belum ditambah dengan BKO, TNI, Sat Pol PP, DLLAJ, dan Instansi terkait yang akan turut serta mensukseskan pengamanan pesta demokrasi rakyat di tahun 2019 yaitu Pilpres. (*)

Reporter: Agus Sudrajat

No comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *