Hibah 37 Miliar Dikorupsi, PNS di KPU Dicomot Kejari


B-CHANNEL, KOTA BOGOR – Kejaksaan Negeri Kota Bogor akhirnya menjebloskan satu orang tersangka kasus korupsi di KPU Kota Bogor tahun 2018. Satu orang tersangka perkara dugaan penyimpangan barang dan jasa di KPU inisial HA, langsung dijebloskan ke jeruji besi Lapas Paledang, Selasa (18/06/19).

Tersangka HA yang diketahui sebagai PNS di Pemkot Bogor ini terlibat korupsi yang bersumber dari dana hibah tahun 2017 APBD Kota Bogor. Sesuai dengan Print-2536/O.2.12/Fd.1/12/2018 Tertanggal 10 Desember 2018.

“Hari ini kami mengumumkan penetapan 1 orang tersangka dalam kasus korupsi di KPU. Tersangka langsung dititipkan di Lapas Paledang hari ini. Jabatan tersangka sebagai bendahara di KPU Kota Bogor,” ungkap Kasi Pidsus Kejari Kota Bogor Rade S Nainggolan.

Penetapan tersangka sesuai surat penetapan tersangka Kepala Kejaksaan Negeri Kota Bogor: TAP-54/M.2.12/Fd/06/2019 tanggal 18 Juni 2019. Dalam kasus itu, tersangka terjerat Pasal 2 ayat (1) sub. Pasal 3 UU RI Nomor 31 tahun 1999 tentamg pemberantasam tindak pidana korupsi dengan ancaman hukuman 20 tahun penjara.

“Peran tersangka yaitu melakukan penyimpangan dengan kerugian negara Rp470 juta dari total anggaran Rp37 Miliar,” jelasnya.

Rade menambahkan, ditangan tersangka telah diamankan juga barang bukti diantaranya kwitansi fiktip, SPT dan lainnya. Cara pelaku melakukan korupsi dengan modus melakukan kegiatan fiktip supaya anggaran bisa dikeluarkan.

“Jadi tersangka membuat kegiatan fiktip. Untuk saat ini tersangka masih sendiri, tetapi tidak menutup kemungkinan ada perkembangan mengarah kepada tersangka lain. Nanti kita ikuti perkembangannya,” tandasnya.

Selama proses penanganan kasus itu, Rade menyebutkan telah memeriksa sedikitnya 10 orang saksi saksi dan mengamankan sejumlah barang bukti.

“Kalau ada perkembangan lagi, saksi saksi nanti bisa diperiksa lagi,” tutupnya. (*)

Foto: Ist

Peristiwa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *