Hari Pahlawan, Danramil Cijeruk Ingatkan Peduli Jasa Pahlawan


Loading

B-CHANNEL, CIJERUK – Komando Rayon Militer (Koramil) 2123 Cigombong-Cijeruk melaksanakan upacara bendera dalam memperingati Hari Pahlawan ke-73 yang jatuh setiap 10 November.

Upacara berlangsungĀ  penuh khidmat, di gelar di lapang Monumen Tugu, Kampung Maseng, diikuti unsur Muspika Kecamatan Cigombong dan Cijeruk.

Disela rangkaian acara pokok, secara simbolis Danramil didampingin Camat Cigombong, Camat Cijeruk dan Kapolsek, meletakan karangan bunga di Monumen Tugu Pertempuran Maseng tersebut. Hal ini sebagai wujud simbol penghormatan terhadap jasa para pahlawan.

Dalam sambutan, Danramil 2123 Cigombong – Cijeruk, Mayor Inf. Suparno, sekaligus sebagai inspektur upacara menyampaikan ucapan terima kasih atas atensi dan partisifasi dari semua pihak yang telah memberikan gagasan dalam rangka mengingatkan kembali mengenai Monumen Pertempuran yang dicintai.

“Melihat monumen ini menimbulkan rasa sedih yang mendalam, hingga saya pelajari dan ternyata kita yang lupa. Namun demikian, mari kita bersama-sama menatap kedepan untuk melestarikan aset bangsa ini, karena disinilah darah, nyawa dan telur kita termasuk mereka yang telah berjuang, siapa lagi kalau bukan kita yang memperhatikan, “tegas Danramil, Sabtu (10/11/18).

Ia pun mengingatkan semua pihak tidak terlena dengan kegagahan jabatan, sebaliknya mengajak untuk menunjukan kembali jiwa semangat juang. “Katanya NKRI harga mati, tapi untuk mengingat jasa pahlawan saja tidak peduli, untuk itu mari kita mengingat kembali jasa mereka para pahlawan yang telah menumpahkan darahnya berjuang merebut kemerdekaan ini, “ucapnya.

Senada dikatakan Camat Cigombong, Basrowi bahwa pada kegiatan ini perlu mengingatkan lagi bahwa dihari pahlawan sekarang bisa lahir perlawanan terhadap penjajah dan pejuang dari masyarakat serta bisa lahirnya pahlawan untuk mengusir penjajah.

“Jadi, untuk menjadi pahlawan maupun pejuang tidak harus jadi tentara dan polisi. Justru masyarakat biasalah yang paling mudah, oleh sebabnya peristiwa kali ini menggugah kita bahwa disini ada darah pejuang, “ungkapnya.

Sementara, Camat Cijeruk Hidayat Saputra mengungkapkan dengan momen ini diharapkan tidak membeda-bedakan masyarakat dari dua kecamatan yang sudah bersatu termasuk menggabungkan kecamatan caringin.

“Peringatan Hari Pahlawan di monumen tugu ini, mudah-mudahan para veteran dan almarhum pahlawan yang sudah meninggalkan kita dan sudah menghubungkan dua kecamatan ini bisa lebih damai serta bahagia. Mari kita peringati dengan do’a untuk mereka dan kedepannya kami bersama Camat Cigombong akan mencari respentatif dana untuk tempat upacara, “terangnya.

Ditempat sama, Kapolsek Cijeruk AKP. Agung Raka menegaskan bahwa bangsa yang besar dan kuat adalah bangsa yang menghormati dan menghargai jasa- jasa para pahlawanya.

“Pelaksanaan Hari Pahlawan yang baru pertama kali diadakan di desa ini harus benar-benar kita hargai, sebab kita sebagai negara yang besar dan kuat harus dapat menghormati jasa perjuangan para pahlawan dan jangan pernah melupakan sejarah perjuangannya, “jelasnya.

Reporter: Agus Sudrajat

No comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *