Dukcapil Family Fest Dibuka, Warga Berbondong-bondong Urus Adminduk Gratis di Mall BTM


B-CHANNEL, KOTA BOGOR– Event Dukcapil Family Fest 2023 resmi dibuka di Mall BTM lantai 2, pada Jumat (10/03/23) siang. Ratusan orang nampak hadir dalam event yang digagas oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bogor, untuk mengurus Administrasi Kependudukan (Adminduk) secara gratis.

Event ini akan berlangsung selama 3 hari pada Jumat-Minggu. Pelayanan yang diberikan dalam festival ini ialah pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA), Kartu Keluarga (KK), surat pindah (SKPWNI), akta kelahiran, akta kematian, perekaman KTP, scan barcode Identitas Kependudukan Digital (IKD), dan pelayanan adminduk lainnya.

Pada hari pertama Dukcapil Family Fest dibuka pukul 14.00-20.00 WIB. Namun, pada hari Sabtu dan Minggu, pelayanan dibuka lebih panjang pada pukul 11.00-20.00 WIB.

Kepala Disdukcapil Kota Bogor, Ganjar Gunawan menjelaskan, event ini merupakan wadah bagi masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan Adminduk di luar jam operasional.

“Kami berupaya memfasilitasi masyarakat yang selama ini sibuk dan tidak sempat datang ke kantor untuk mengurus adminduknya. Sehingga mereka dapat mengurusnya sembari berlibur dengan keluarga di mal,” tuturnya.

Ganjar menyebut, event ini juga menjadi ajang edukasi kepada masyarakat bahwa pengurusan Adminduk itu mudah dan gratis. Festival itu bertujuan menertibkan database penduduk Kota Bogor untuk menghadapi Pemilu 2024 mendatang. Agar tidak ada warga yang kehilangan hak pilihnya.

Dirinya mengimbau masyarakat untuk mendaftarkan diri secara online pada website linktr.ee/dff2023 terlebih dahulu. Namun pihaknya juga akan membuka pendaftaran langsung saat acara berlangsung.

Direktur Pendaftaran Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), David Yama mengapresiasi langkah Disdukcapil Kota Bogor menggelar event tersebut.

Menurutnya hal itu menjadi upaya jemput bola kepada masyarakat sehingga semakin banyak yang terbantuk dalam mengurus adminduk. Dirinya berharap Dukcapil Family Fest bisa terus dilaksanakan secara rutin.

Sementara itu Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim yang hadir pada event Dukcapil Fest juga memuji pelayanan Disdukcapil yang menurutnya semakin maju. (***)

Gambar : IST

Comments are disabled.