Bentuk Karakter Siswa Lewat Satu Hari Belajar Diluar Kelas, Ini Yang Dilakukan SMPN 13 Bogor


B-CHANNEL, KOTA BOGOR – Sekolah tingkat menengah pertama (SMP) Negeri di Kota Bogor melaksanakan gerakan dunia satu hari belajar di luar kelas atau ‘Outdoor Classroom Day’. Salah satunya SMPN 13 Bogor. Kegiatan digelar diharapkan mampu membentuk karakter siswa digelar setiap tahun yang jatuh pada bulan November. Diketahui bersama program pendidikan dunia tersebut, sudah berjalan tahun kedua, dimana pada kegiatan ini dilaksanakan serentak pada Kamis, 1 November 2018 yang lalu di seluruh dunia.

Ditemui di ruang kerjanya, Kepala Sekolah SMPN 13 Kota Bogor Tatang Mulyana memaparkan apa yang menjadi kegiatan satu hari belajar di luar kelas yang jatuh pada Kamis 7 November 2019. Ia menjelaskan, dalam kegiatan seluruh siswa mulai kelas 7,8,9 diwajibkan mengikuti gerakan tersebut.

“Sebelum kegiatan dimulai, tepat pukul 07:00 WIB pagi, para siswa melaksanakan salat duha, dan dilanjutkan dengan kegiatan aerobik. Semuanya mengenakan pakaian olahraga. Selanjutnya, ada materi sekolah ramah anak, kedua materi pendidikan penguatan karakter, literasi, gerakan masyarakat sehat dan kebangsaan, yang mana tujuannya agar para siswa¬† membangkitkan rasa nasionalisme,”papar Tatang kepada bogorchannel.id, Kamis (07/11/19).

Selain itu, lanjut Dia, seluruh siswa seperti belajar pada umumnya diwajibkan bawa bekal makanan masing- masing. Namun, berbeda dengan kegiatan satu hari belajar di luar kelas ini, dimana, para siswa dengan bekalnya melaksanakan makan secara bersamaan disekolah.

Tatang berharap, dengan gerakan serentak diadakan di semua instansi sekolah khususnya SMPN 13 Kota Bogor, para siswa dapat menunjukan semangat nasionalisme kebangsaan, kemudian menumbuhkan karakter, selaim sudah barang tentu lebih memiliki semangat belajar secara akademis.

“Kadang-kadang kan, anak itu ada masa jenuh disekolah, karena setiap hari mengikuti kegiatan belajar mengajar di dalam kelas. Untuk kegiatan gerakan belajar satu hari diluar kelas, paling tidak para siswa sekaligus bisa refreshing,” tutupnya.

Reporter: Erry Novriansyah

Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *