Kenalkan Produk, Forum UMKM Caringin Gelar Bazar


Loading

B-CHANNEL, CARINGIN – Ratusan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kecamatan Caringin mengikuti kegiatan Bazar dihalaman Kantor Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Senin (10/12/18).

Kegiatan Bazar yang akan dilangsungkan selama dua hari, yakni mulai tanggal 10 hingga 11 Desember ini diikuti oleh.pelaku UMKM kuliner dan pelaku usaha binaan lainnya.

“Tujuannya untuk memunculkan produk-produk caringin, karena selama ini produk yang muncul dan ada disini bukan hasil karya dari pelaku usaha caringin,”kata Ketua Forum UMKM Kecamatan Caringin, Bagas.

Dijelaskannya, kegiatan Bazar ini juga merupakan salah satu cara efektif untuk mempromosikan produk usaha mikro kecil dan menengah (UKM). Sehingga, nantinya diharapkan bisa menembus pasar modern.

“Namun, untuk mencapai itu semua ada tahap-tahapan yang harus ditempuh oleh pelaku usaha itu sendiri, mulai dari tahapan pendataan ulang, pembinaan peningkatan mutu produk dan pemasarannya dan yang sekarang ini memasuki tahap kedua

Sementara, Ketua Forum UMKM/IMKM Kabupaten Bogor, Dodi Darmawan mengungkapkn kegiatan Bazar tersebut merupakan program Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bogor dalam rangka mendorong pemasaran produk UMKM yang memiiki potensi luar biasa.

“Jumlah pelaku UMKM/IMKM di Kabupaten Bogor ini sangat luar biasa, dimana berdasarkan data Bapeda Litbang tercatat ada 734 ribu. Jumlah ini hampir 93 persennya didominasi oleh pelaku usaha mikro tersebar di 40 kecamatan, salah satunya Kecamatan Caringin ini yang memiliki potensi sangat luar biasa,”ujarnya

Djelaskannya, dari total 42 ribu UMKM di Kabupaten Bogor yang memerlukan sertifikat halal dan lainnya, baru terverifikasi sekitar 15 persen, pasalnya untuk mendapatkan sertifikat halal ini programnya sangat terbatas.

“Dalam setahun itu hanya 100 UMKM yang mendapat sertifikat halal dan ini
memang bisa dibilang agak terhambat. Makanya, kami berharap kedepan Pemerintah Kabupaten Bogor bisa menyikapinya lebih jauh lagi agar jumlah pelaku UMKM yang sudah memiliki sertifikat halal dan lainnya dapat terpasilitasi dengan baik,”terang Dodi.

Reporter : Agus Sudrajat

No comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *