Pemilihan BPD Bakal Digelar Serentak


B-CHANNEL, CIJERUK – Menjelang pemilihan Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang akan digelar serentak, Pemerintah Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor melaksanakan rapat Sekretaris Desa (Sekdes).

Kegiatan digelar di aula kantor kecamatan tersebut, bertujuan untuk memberikan pemahaman terutama mengenai pengisian anggota BPD. Mengingat pada bulan agustus ini akan diadakan pemilihan panitia pengisian BPD di setiap desa serentak.

“Intinya, rapat sekarang itu hanya mengenai pengisian anggota BPD. Kalau untuk pemilihan BPD nya sendiri dilaksanakan nanti bulan oktober 2018 mendatang, “kata Pelaksana Seksi Kecamatan Cijeruk, Jejeh, Rabu (15/08/18).

Saat ini, BPD yang ada diseluruh desa di wilayah Kecamatan Cijeruk, masa bhaktinya akan habis pada tanggal 12 januari 2019. Karenanya, oktober nanti sudah harus mempunyai anggota BPD untuk kemudian akan disahkan pada bulan januari.

“Jadi pemilihan BPBD nya bulan oktober dan pemilihan panitia pengisiannya agustus sekarang, “ucapnya.

Terkait pelaksanaan bimbingan teknis Simtim Informasi Desa (SID), kata Jejeh, terlebih dahulu memerlukan pencacah di setiap desa yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing desa. Karena, sebagaimana tertuang dalam aturan bahwa satu pencacah idealnya harus bisa menangani 20 Kepala Keluarga (KK)

“Misalkan, di satu desa ada 2400 kk, itu berarti dibutuhkan 12 kk untuk calon pencacah, kemudian untuk kebutuhan desanya harus ada pendamping dan pemeriksanya. Nah, sumber biayanya untuk ini dari APBDes yang sudah tertuang dalam tahun anggaran 2018 ini, “tuturnya.

Kegiatan bimtek calon Pencacah SID rencananya akan dilaksanakan sesuai usulan yang telah diberitahukan kepada pihak DPMD yaitu pada tanggal 20, 21 dan 23 agustus sekarang.

“Cakupan rangkaian kegiatan materinya itu secara keseluruhan mulai dari tentang kemiskinan, pendidikan, kesehatan maupun soal usaha, “tegasnya.

Pihak kecamatan sendiri, dalam hal ini akan bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik (BPS), termasuk menghadirkan dari tim ahli DPMD Kabupaten Bogor sesuai dengan binaan desa masing-masing.

“Hasil dari pada kegiatannya akan dilaporkan ke Bupati melalui DPMD, kalau kecamatan hanya kordinasi saja, jadi nanti ada tim khusus, “papar Jejeh

Reporter/Foto : Agus Sudrajat

No comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *