Masa Kedaruatan Pasca Bencana, Camat Prioritaskan Bantuan Terpal dan Asbes


Loading

B-CHANNEL, KOTA BOGOR– Banyaknya warga yang terkena dampak bencana alam angin puting beliung di beberapa wilayah Kota Bogor sejak Kamis, (06/12/18) lalu, menjadi perhatian publik, hingga berbagai bantuan di salurkan oleh berbagai pihak, dari mulai pemerintah Kota Bogor, berbagai instansi, BUMD hingga masyarakat umum.

Dalam peristiwa itu, tidak sedikit rumah warga yang mengalami kerusakan akibat diterjang angin puting beliung, hingga akhirnya petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor bersama dengan relawan dari berbagai unsur terkait mendirikan posko bantuan di salah satu halaman eks pabrik milik PT. IMMI yang berlokasi di Jalan Raya Cipaku, Kelurahan Cipaku Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor.

Sebagai aparatur diwilayah, Camat Bogor Selatan Sudjatmiko pun tak pernah lelah melakukan berbagai upaya pemulihan, mulai dari mendata logistik bantuan, ketersediaan bahan pangan, hingga mengurus bahan bangunan untuk perbaikan rumah warganya yang rusak.

Camat mengungkapkan, selama masa kedaruratan, dalam musibah yang mengakibatkan atap rumah warga rusak oleh angin puting beliung, bantuan yang menjadi prioritas pertama kali yaitu terpal dan asbes, karena tidak ada upaya cepat untuk renovasi rumah.

“Karena banyaknya atap rumah warga yang rusak akibat terkena angin puting beliung yang terjadi beberapa waktu lalu, jadi bantuan yang di prioritaskan pertama kali yaitu terpal, karena tidak ada upaya secara cepat untuk renovasi rumah, setelah itu asbes, mengingat saat ini musim hujan, namun pada masa kedaruratan bantuan yang di utamakan tentu sembako ya. Karena memang kita membuka dapur umum di posko ini, setiap hari kita menyiapkan 2000 nasi box untuk di bagikan kepada para korban yang penyalurannya di koordinir oleh para ketua RT di wilayah yang terkena dampak,”kata Camat, ditemui di Posko bencana terpadu, usai menerima bantuan simbolis dari salah satu perusahaan aplikasi di Jakarta, belum lama ini.

Pada kesempatan itu Camat menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah turut bekerja sama dalam membantu para korban bencana alam tersebut. Khususnya dari para donatur dan relawan semua komponen masyarakat yang sudah turut peduli.

“Saya mengucapkan terima kasih sekaligus sangat mengapresiasi kepada seluruh jajaran baik dari Pemerintah Daerah Kota Bogor, maupun dinas terkait yang telah bekerjasama dalam membantu meringankan beban para korban yang terkena dampak bencana alam ini,”ucap Camat.

Jatmiko mengimbau kepada seluruh masyarakat agar lebih waspada dan berhati-hati bila sedang menggunakan kendaraan saat turun hujan.

“Kita harus tetap waspada dan ber hati-hati jika sedang mengemudi kendaraan, kalau hujan dan sedang mengemudi kendaraan, lebih baik berhenti terlebih dahulu dan carilah tempat yang aman untuk berteduh dan ingat jangan berteduh di bawah pohon”tutup Camat.

Reporter: Achmad Jumaedi

No comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *