Gunakan Dana Desa, Pemdes Cijeruk Bangun TPT


Loading

B-CHANNEL, CiIJERUK – Melalui Peningkatan infrastruktur yang memadai, Pemerintah Desa Cijeruk, Kecamatan Cijeruk menggelontorkan Dana Desa (DD) untuk membangun Tembok Penahan Tanah (TPT) sepanjang 64 meter dengan tinggi 14 meter.

“Lokasi pembangunannya di Kampung Padangenyang RT 03,RW 05 dengan panjang sekitar 64 meter dan tinggi 14 meter,” kata Kepala Desa Cijeruk, Ade Tamsuri, Selasa (14/08/18).

Dijelaskan Kades, tujuan dibangun TPT, selain untuk menciptakan lancarnya aktivitas perekonomian warga, juga diharapkan bisa mencegah terjadinya bencana longsor, menjaga keselamatan pejalan kaki dan pengendara roda dua maupun roda empat, termasuk sebagai penahan tiang listrik khususnya yang ada di sekitar lokasi.

“Sarana ini kan, sangat vital, jadi dana desa tahap dua dan tiga tahun 2018 kita alokasikan pada infrastruktur TPT,”jelasnya.

Ia menerangkan, pembangunan TPT sudah berjalan selama 4 minggu dengan progres kerja saat ini kurang lebih sudah mencapai 40 persen. Sementara, target waktu pelaksanaannya hingga 90 hari kerja, meskipun ada sedikit kendala seperti mobilisasi material tidak masuk lokasi akibat kondisi jalan yang kecil.

“Untuk saat ini lebar jalan di lokasi pembangunan memang kurang memadai, tapi nanti setelah selesai lebar jalan yang awalnya 2,5 akan bertambah menjadi 3 meter, “terangnya.

Terpisah, salah seorang warga setempat, Ahmad Hasan menilai, bahwa kinerja Pemerintahan Desa Cijeruk, dalam hal pembangunan infrstruktur sangat baik. Sehingga, perlu didorong oleh masyarakat melalui penerapan gotong royong seperti yang dilaksanakan warga sekarang bahu membahu ikut andil pada pembangunan TPT.

“Kami selaku warga akan turut andil dalam hal setiap pelaksanaan pembangunan yang sudah jadi program Pemerintah Desa Cijeruk, karena apapun itu yang dilakukannya jelas untuk kepentingan warga masyarakat. Intinya, infrastruktur bagus pendapatan ekonomi warga juga akan meningkat dan kesejahteraan pun tercapai, “ungkapnya.

Reporter/Foto : Agus Sudrajat

No comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *