Entaskan Kemiskinan Lewat Program BEKERJA, Balitnak Ciawi Gelar Bimtek


Loading

B-CHANNEL, CANJUR – Peternak dari Kampung Cisalak dan Kampung Bakom Desa Cikancana, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat kembali mengikuti Bimtek yang diselenggarakan Balitnak, Ciawi, Kabupaten Bogor.

Dalam keterangan yang diterima bogorchannel.id, Jum’at (05/10/18), kegiatan Bimtek dilaksanakan Balitnak pada (03/10/18) lalu, merupakan lanjutan dari kegiatan sebelumnya dalam upaya menjalankan program Pemerintah Kementerian Pertanian yang salah satunya untuk mengentaskan kemiskinan melalui program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (BEKERJA) berbasis pertanian.

Menurut Kepala Balitnak Ciawi Dr. Soeharsono, program Bekerja mempunyai posisi penting sebagai solusi untuk bisa mengembalikan status rumah tangga petani miskin di perdesaan menjadi rumah tangga sejahtera.

Soeharsono menjelaskan, program BEKERJA sebagai kepanjangan tangan Kementan dalam pengembangannya diharapkan dapat membawa dampak pada peningkatan ketersediaan pangan, peningkatan konsumsi pangan dan kualitas gizi keluarga.

Ia berharap,Dengan program ini, para penerima bantuan ayam KUB dapat meningkat pendapatan ekonomi masyarakat serta dapat membuat membaiknya suatu kondisi sosial masyarakat itu sendiri, terutama bagi RTM itu sendiri.

Pada kesempatan, Peneliti Balitnak Dr. Iwan Herdiawan juga menjelaskan, bahwa materi yang disampaikan pada peserta Bimtek antara lain mengenai bagaimana tata cara pemeliharaan ayam KUB, baik mulai dari DOC sampai betina siap bertelur dan jantan siap potong.

“Disamping itu, juga kita jelaskan bagaimana cara pemberian pakan, penerangan atau kehangatan kandang, kebersihannya, pemberian pakan, vitamin, obat-obatan, vaksinasi, serta pencatatan/recording yang harus diisi oleh setiap RTM penerima ayam dan dikompilasi oleh pendamping masing-masing untuk dilaporkan ke TKSK dan Balitnak,”jelasnya.

Bimtek yang dilaksanakan di kampung Leuwibitung tepatnya di aula Kelurahan Cikancana tersebut dihadiri Kepala Balai Pengujian Mutu Sertifikasi Produk Hewan Ditjen PKH Kementan, drh. RR Endang Ekowati.

Dalam pesannya, drh RR Endang Eowari meminta masyarakat penerima ayam KUB untuk secara sungguh sungguh memelihara dan menjaganya sampai berkembangbiak dan membantu meningkatkan kesejahreraan masyarakat.

“Saya berharap, apa yang telah diberikan pemerintah dapat dimanfaatkan dengan baik, jaga dan peliharalah ayam tersebut agar kelak bisa menghasilkan pendapatan ekonomi lebih baik,”harapnya.

Reporter : Agus Sudrajat

No comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *