DPRD Provinsi Jabar Dukung Penganggaran Penanggulangan Covid- 19 di Jawa Barat


0Shares

B-CHANNEL, BANDUNG– Penanganan pencegahan virus Corona (Covid-19) di Jawa Barat semakin digencarkan Pemerintah Provinsi. Terbaru ini, Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat menggelar rapat koordinasi terkait virus Corona, bersama jajaran Pemerintah Provinsi Jawa Barat di pimpin Gubernur Ridwan Kamil.

Rapat Koordinasi dilakukan para pimpinan legislatif dan eksekutif Provinsi Jabar itu di ruang Papandayan, Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat (13/03/20).

Kepada media, Wakil Ketua DPRD Provinsi Jabar Achmad Ru’yat menyebut bahwa pandemi Covid19 ini memang harus ditingkatkan kewaspadaanya. Karena itu, Jawa Barat telah mendukung langkah-langkah untuk tersedianya alokasi anggaran dengan memperhatikan mekanisme peraturan yang berlaku.

Pada prinsip DPRD mendukung sepenuhnya penganggaran dalam penanggulangan Covid 19 ini,” ujar Achmad Ru’yat seusai rapat diskusi.

Di tanya soal besaran anggaran yang dikucurkan, pihaknya masih menunggu perhitungan kebutuhan dari tim anggaran. Pasalnya, penganggaran dialokasikan sumbernya dari penyertaan modal Bank BJB dengan konsekuansi adanya pergeseran struktur anggaran.

Untuk nominalnya belum kita ketahui, soalnya menunggu dari tim penganggarannya,” tegas politisi dari PKS itu.

Pihaknya mengimbau agar seluruh masayarakat di Jawa Barat juga memperkuat kekebalan tubuh atau menjaga kesehatan. Pasalnya, sifat dari virus tidak akan mudah menyebar jika kekebalan tubuhnya kuat. Selain itu juga mendukung dengan adanya Social Distance (membatasi interaksi sosial-red) yang diharapkan akan memutus mata rantai atau potensi penyebaran Covid tersebut.

Virus tidak akan menyebar jika kekebalan tubuh kita prima,” ucap Ru’yat.

Selain itu Ru’yat juga menyarankan agar tidak mendekati atau melihat orang yang mengidap penyakit menular, serta jangan keluar masuk ke wilayah wabah penyakit.

Jangan lupa bagi kaum muslim, selalu sabar sambil berharap pertolongan dari Allah SWT, tawakkal kepada Allah, berdoa dan banyak berdzikir seperti yang dicontohkan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, dan menjaga syariat Allah Ta’ala,” tutur Ru’yat.

Lebih lanjut Ru’yat juga mengingatkan agar masyarakat khususnya warga Jawa Barat agar selalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat dengan salah satu caranya adalah rajin mencuci tangan dengan tata cara yang benar.

Dan berikut tips bagaimana menyikapi coronavirus Covid-19?

Tips untuk masyarakat
1. Jangan panik
2. Waspada bila muncul gejala batuk, pilek, sakit tenggorokan, demam. Segera berobat ke fasilitas pelayanan kesehatan

3. Pola hidup sehat :

a. Rajin cuci tangan dengan sabun antiseptik minimal 20 detik. Terutama setelah memegang barang-barang di fasilitas umum, sebelum makan atau minum.

b. Hindari memegang area muka, mulut , hidung bila tangan belum cuci tgn.
c. Gunakan masker saat sakit batuk, pilek atau flu, atau saat berada di area infeksius spt rumah sakit atau saat di keramaian yg padat.
d. Makan dan minum teratur yg bergizi
e. Istirahat cukup
f. Hindari konsumsi yg menurunkan imunitas spt jgn minum alkohol, jangan merokok dll
f. Olah raga
4. Hindari kontak dengan penderita terkonfirmasi covid-19.

(Rilis/bc)

0Shares

Sorotan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *