Desa Tugu Jaya Jadi Percontohan Kampung Ramah Lingkungan


Loading

B-CHANNEL, CIGOMBONG – Pemerintah Desa Tugu Jaya, Kecamatan Cigombong, Bogor memberi apresiasi terhadap program Kabupaten Bogor yang harus menjadi Kabupaten termaju di Indonesia.

Menurut Kepala Desa Tugu Jaya, Sugandi Sigit, dengan berbagai program di Kabupaten Bogor yang masuk ke Kecamatan Cigombong hingga ditunjuk langsung Pemerintah Kabupaten diantaranya tentang program kampung ramah lingkungan.

“Program ini harus diberi apresiasi dan kami sangat menyambut baik, karena ini merupakan amanah dari Kecamatan, dimana dari sembilan desa yang ada, Kecamatan Cigombong menunjuk Desa Tugu Jaya untuk menjadi percontohan membentuk Kampung Ramah Lingkungan, “katanya, Sabtu (21/07/18).

Ia menambahkan, dengan adanya program ramah lingkungan akan membantu masyarakat dalam menangani masalah sampah. Apalagi, memiliki program sama dalam penanganan sampah dan sebagai tindak lanjutnya Pemerintah Desa memberikan dan menilai kepada sebelas RW yang ada untuk layak mendapatkan program ramah lingkungan tersebut.

“Alhamdulillah setelah saya tanya-tanya pada sejumlah ketua Rw semuanya respon serta siap untuk menangani itu dan saya langsung buatkan SK, “ujarnya.

Dijelaskannya, berbagai kegiatan mulai dari aparatur pemerintah kerjasama dengan masyarakat dalam hal penanganan-penanganan untuk penertiban masalah sampah khususnya di Rw 11 sudah terbentuk kepengurusan bak sampah termasuk melaksanakan pembersihan dipinggir jalan dan penataan lainnya.

“Kekurangan dan kelemahan itu pasti ada, tapi kami akan berusaha memaksimalkann itu semua, sebab bagaimanapun juga adanya program ini sangat membantu, terlebih setelah ada pemberian materi atau bimbingan dari DLH dan pihak kecamatan. Bahkan rencananya tanggal 25 sekarang akan ada penilaian tahap awal ditingkat kabupaten, “ucapnya.

Ia berharap, apa yang telah dilaksanakan masyarakat Tugu Jaya bisa lebih ditingkatkan serta menjadi tolak ukur bagi Rw-Rw lain dan juga percontohan desa-desa lainnya untuk bisa memperlihatkan kepeduliannya terhadap lingkungan sekitar.

Reporter/Foto : Agus Sudrajat

No comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *