B-CHANNEL, KOTA BOGOR –Survei Litbang Kompas menunjukan ektabilitas Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di bursa Pilpres 2024 mengalami kenaikan signifikan.

Dalam survei tersebut, Litbang Kompas memisahkan kandidat capres dengan elektabilitas di atas 10% dan di bawah 10%. Ridwan Kamil menduduki puncak pada kategori di bawah 10%.

Litbang Kompas menunjukan elektabilitas Ridwan Kamil melejit mencapai 8,5%. Sementara tokoh lainnya berada di bawah 3%.

Pengamat politik Unpad Firman Manan mengatakan survei tersebut menunjukan kenaikan elektabilitas Ridwan Kamil signifikan meski di atasnya masih ada Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Namun dari sejumlah survei yang digelar menurutnya menunjukan Ridwan Kamil adalah figur calon presiden paling potensial dari Jawa Barat.

“Kalau kita lihat figur Jawa Barat memang yang paling potensial adalah Kang Emil. Posisi gubernur saat ini, bagaimanapun itu mereseprentasikan (suara) warga Jabar,” katanya dihubungi wartawan kemarin.

Selain survei hal ini juga ditopanh oleh mulai bermunculannya dukungan dari level elit maupun akar rumput di Jabar untuk Ridwan Kamil.

“Jadi sejauh ini kalau bicara siapa figur Jabar yang paling potensial kelihatannya Kang Emil,” tuturnya.

Firman mencatat kenaikan elektabilitas Ridwan Kamil dalam survei Litbang Kompas datang dari sejumlah faktor yakni kinerja dalam penanganan Covid-19 dan aktitifitas komunikasi politik.

Menurutnya yang menarik pada pertengahan tahun seakan-akan Ridwan Kamil sempat tenggelam, belakangan kembali muncul setelah komunkasi dengan partai intensif bahkan memperlihatkan keseriusan masuk partai.

“Sehingga pemberitaan kembbali masif, nah itu jadi faktor yang membuat naik, teridentifikasi kembali oleh publik, itu juga yang menyebabkan elektabilitas meningkat dibandingkan dengan Sandiaga Uno dan AHY,” katanya.

Dengan modal elektabilitas, Firman melihat Ridwan Kamil memilki peluang dipinang Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

“Kalau bicara peluang masih sangat terbuka artinya kan survei itu memotret hari ini dan ini masih dinamis, karena pilpres masih Februari 2024,” pungkasnya.

Berikut hasil survei kandidat capres Litbang Kompas dengan elektabilitas di bawah 10 persen yaitu Ridwan Kamil 8,5%, Sandiaga Uno 2,5%, Andika Perkasa 2,3%, Agus Harimurti Yudhoyono 2,2%, Tri Rismaharini 1,2%, Puan Maharani 1%, Basuki Tjahaja Purnama 0,7%, Erick Thohir 0,7%, Hary Tanoesoedibjo 0,7%, Airlangga Hartarto 0,5% dan Muhaimin Iskandar 0,3%. (*)

Gambar: IST

Comments are disabled.