Sidang Terbuka Senat Universitas Pakuan 2021 Luluskan 999 Wisudawan

0
17

B-CHANNEL, KOTA BOGOR– Sidang terbuka Senat Universitas Pakuan digelar secara luring pada Kamis (16/12/21)  dalam rangka Wisuda Doktor, Magister, Sarjana, dan Ahli Madya tahun 2021.

Walikota Bogor, Bupati Bogor, Ketua DPRD Kota Bogor, Komandan Korem 061 Suryakancana, Unsur MUSPIDA, Pejabat Sipil/Militer Wilayah Kota dan Kab. Bogor, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IV Jawa Barat dan Banten, menghadiri melalui daring. Sedangkan Pimpinan Perguruan Tinggi Mitra Universitas Pakuan, Pembina dan Pengurus Yayasan Pakuan Siliwangi, Para Anggota Senat Universitas Pakuan, Para Wakil Rektor, Sekretaris Universitas, dan para Direktur Bidang, Para Dekan Fakultas, Dekan Sekolah Pascasarjana, Dekan Sekolah Vokasi, Ketua Lembaga, Kepala Kantor, Para Kaprodi, dan Kepala Unit Pelaksana Teknis di lingkungan Universitas Pakuan, Sivitas akademika Universitas Pakuan, Alumni dan Pimpinan Organisasi Kemahasiswaan Universitas Pakuan menghadiri melalui luring.

Rektor Universitas Pakuan, Prof. Dr. Bibin Rubini, M.Pd mengatakan, wisuda pada periode ini dilaksanakan selama dua hari yaitu tanggal 15 dan 16 Desember 2021, dibagi dalam 4 sesi wisuda. Hal ini dilakukan sebagai bentuk usaha dan ikhtiar kita agar terhindar penyebaran virus covid-19 yang belum sepenuhnya sirna dari muka bumi ini. Dalam pelaksanaan wisuda ini, kita dapat tetap mematuhi protokol kesehatan, dengan melakukan 3M (Mencuci tangan, Memakai masker dan Menjaga jarak).

“Pada periode ini, Unpak mewisuda sebanyak 999 lulusan dengan rincian yaitu Sekolah Pascasarjana S3 : 24 orang, S2 : 64 orang, Fakultas Hukum : 87 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis : 110 orang, FKIP : 242 orang, FISIB : 186 orang, Fakultas Teknik : 65 orang, Fakultas MIPA : 135 orang, dan Sekolah Vokasi : 86 orang,” ujar Bibin Rubini.

Pasca Pandemi covid 19 yang melanda dunia, terdapat perubahan paradigma yang menggambarkan keadaan saat ini. Pandemi tidak hanya berdampak pada semua aspek kehidupan, akan tetapi berdampak pada perubahan kepemimpinan era digital yang kita kenal dengan VUCA adalah akronim yang berarti volatility (volatilitas), uncertainty (ketidakpastian), complexity (kompleksitas), dan ambiguity (ambiguitas).

“Dalam bidang Sumber Daya manusia, hingga tahun 2021 Unpak tercatat memiliki 460 dosen dan 452 Karyawan. Berdasarkan data PDdikti, Unpak memiliki 10 orang professor, 53 orang Lektor Kepala, 171 orang Lektor, 151 orang Asisten Ahli dan 75 orang berstatus tenaga pengajar/dalam proses pengusulan JAD.
Berdasarkan data kualifikasi akademik, Unpak memiliki 109 Doktor dan 351 Magister,” pungkas Bibin Rubini.

Saat ini, lanjut Bibin, Unpak sedang menyekolahkan para dosen pada jenjang doktor baik di dalam dan luar negeri, dengan beasiswa pemerintah, Yayasan dan biaya mandiri, adapun rinciannya adalah 6 orang calon doktor dari Fakultas Hukum, 19 orang calon doktor dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 12 orang calon doktor Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 6 orang calon doktor dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya, 3 orang calon doktor dari Fakultas Teknik, 18 orang calon doktor dari Fakultas Matematika dan Pengetahuan Alam, serta 6 orang calon doktor dari Program Vokasi. Sehingga total keseluruhan sebanyak 70 orang Calon Doktor.

“Hari ini saudara dilantik menjadi Doktor, Magister, Sarjana, dan Ahli Madya, sebuah gelar yang tidak mudah diraih oleh setiap orang, karena diperoleh dengan penuh perjuangan dan pengorbanan baik moril maupun materil. Perjuangan dan pengorbanan yang saudara telah lakukan, harus dijadikan modal dasar agar saudara tetap memiliki motivasi yang tinggi, bekerja keras, dan tidak mudah putus asa dalam meniti karir di dunia kerja saat ini yang penuh tantangan, persaingan dan ketidakpastian,” tutup Rektor Pakuan.

Rektor juga menyampaikan, sangat berharap agar para wisudawan tetap menjaga nama baik almamater, dengan menunjukkan sikap dan perilaku yang jujur, mengedepankan adab dan akhlak di atas kepakaran saudara, beriman dan berbudi pekerti luhur, memulyakan yang telah memberikan saudara ilmu, berbakti kepada orang tua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here