Optika 20 Sukses Digelar, Ini Tahapannya

0
22

B-CHANNEL, BOGOR– Olimpiade matematika atau disingkat dengan OPTIKA 20 merupakan ajang olimpiade yang dikhususkan bagi siswa/i madrasah dan sekolah islam di seluruh Indonesia. Ditengah pandemi yang melanda seluruh dunia seperti saat ini, OPTIKA 20 hadir dengan sistem baru, yg mana disesuaikan dengan kebutuhan dan keadaan saat ini. Mekanisme jalannya OPTIKA kali ini berlangsung secara Online dengan mengusung tema “Surpass Every Situation, Rebuild The Spirit of Competition, Be The Next Pious Mathematician”

Pelaksanaan lomba dimulai pada pukul 08.20-10.00 WIB. Peserta OPTIKA 20 Tahap 1 (Olimpiade Wilayah) dilaksanakan oleh beberapa Madrasah dan Sekolah Islam Se-Indonesia secara daring menggunakan Sibiti sebagai platform dilaksanakannya Olimpiade dan penggunaan Zoom Meeting sebagai media pengawasan selama olimpiade berlangsung.

Pengawasan Olimpiade dilaksanakan pada Zoom Meeting yang dibagi dalam beberapa Room (Ruangan). Peserta OPTIKA 20 Tahap 1 terdiri dari Madrasah dan Sekolah Islam dengan total peserta mencapai 580 regu.

Setelah panitia mengoreksi, hasil tes langsung dipublish pada pukul 17.00 WIB. di laman website OPTIKA.

Sukses dengan OPTIKA 20 Tahap 1 tanpa hambatan, maka regu yang berhak lanjut ke tahap berikutnya yaitu tahap 2 adalah regu yang lolos pada seleksi wilayah dengan pengambilan penilaian 10% nilai tertinggi perwilayah. Pada Minggu (17/01/ 2021) adalah hari berlangsungnya OPTIKA 20 Tahap 2 di mana mereke (regu) yang berhasil lolos dan mengikuti tahap ini berjumlah 72 regu yang terdiri dari 21 regu tingkat MI/SDI, 28 regu tingkat MTs/SMPI, dan 23 regu tingkat MA/SMAI.

Teknis pelaksanaan pada tahap ini masih sama dengan tahap sebelumnya, yakni di lakukan pengawasan oleh para pengawas ruangan melalui Zoom Meeting dan pengerjaan soal olimpiade melalui platform Sibiti. Terlaksana sukses tanpa hambatan dimulai pada pukul 6.30 WIB dan berakhir pada 10.00 WIB.

*Mekanisme Semi Final*

Minggu (24/01/21) OPTIKA 20 tahap Semi Final sukses terlaksana yang diikuti oleh 10 regu pertingkat dari berbagai wilayah yang telah lolos dari tahap sebelumnya. Dengan menggunakan aplikasi zoom sebagai media pengawasan, sibiti sebagai platfrom penyedia olimpiade online dan pengiriman jawaban melalui Google Drive.

Adapun rountdown kegiatan, diawali persiapan panitia pukul 06.00 – 07.30 WIB dan dilanjutkan dengan registrasi peserta hingga pembacaan tata tertib pukul 07.30-08.30 WIB. OPTIKA 20 tahap Semi Final ini telah berlangsung pukul 08.30 – 10.10 WIB. Acara dilanjut dengan Perekaman Video Testimoni para Peserta saat diwawancarai oleh tim publikasi dari panitia hingga pengoreksian tahap Semi Final oleh panitia OPTIKA 20.

Tahap 4 Grand Final OPTIKA 20 pun telah sukses diselenggarakan tanpa kendala berarti pada Minggu (31/01/21). Semua kegiatan berlangsung sesuai rencana meskipun terlambat beberapa menit dari yang direncanaka dan sedikit kendala oleh TIM IT OPTIKA 20, namun tak sampai membuat kegiatan terhalang, tim panitia mampu bergerak cepat dan sigap mengatasi.

Tercatat, komponen yang hadir dalam tahap 4 ini sebanyak 9 regu terditi dari 3 regu tingkat MI/SDI, 3 regu tingkat MTs/SMPI, dan 3 regu tingkat MA/SMAI, dan juga para Juri, Dosen, Tim IT OPTIKA20, serta Pengisi Acara.

Tim reporter Bogorchannel.id telah merangkum para pemenang OPTIKA 20 ini, mereka ialah:

Pada tingkat MI/SDI

Untuk Juara 1 Nasional diraih oleh SD Al Irsyad Al Ismaliyah 02 Purwokerto, juara 2 Nasional diraih oleh SDIT Harapan Mulia Palembang, adapun juara 3 Nasiona diraih oleh SDI Al Azhar Kebayoran Baru.

Untuk Tingkat MTs/SMPI

SMP Muhamadiyah Program Khusus Kota Barat Surakarta meraih gelar Juara 1 Nasional, SMP Islam Al Azhar 11 Serang meraih gelar Juara 2 Nasional, dan SMP Al Azhar Mandiri Palu menyandang gelar Juara 3 Nasional.

Pada Tingkat MA/SMAI

Juara 1 Nasional diraih oleh MAN 2 Sleman, Juara 2 Nasional diraih SMP Assyifa Boarding dan Juara 3 Nasional demenangkan oleh MAN Insan Cendekia Padang Pariaman

Untuk menambah informasi, seluruh rangkaian pada tahap ini dilakukan melalui zoom meeting dan disiarkan secara live di kanal YouTube Optika UIN Jakarta, yang dimulai pada pukul 08.30 WIB dan diakhiri dengan sukses pada pukul 18.10 WIB. (*)

Reporter: Rifai Malik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here