Biaya SPP Dinilai Mahal, Rektor Unpak Buka Suara

0
710

B-CHANNEL,KOTA BOGOR–  Rektor Universitas Pakuan (Unpak) Bogor H. Bibin Rubini menyikapi adanya keluhan dari para Mahasiswa terkait pembayaran Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) yang dinilai mereka terlalu tinggi.

Bibin Rubini pun mengatakan, jika mahasiswa merasa jumlah SPP mahal itu adalah hak mereka. Namun kata Bibin perlu diketahui mahasiswa yang menimba ilmu disini terdiri dari beberapa kategori mulai dari mampu, tidak mampu dan ada juga kurang mampu.

“Sebenarnya terkait keluhan mahasiswa ini pihak kampus sudah memberikan solusinya. Yaitu ditujukan kepada mahasiswa yang kurang mampu dengan cara memberikan penangguhan SPP selain itu mahasiswa ini juga diberikan kesempatan untuk menyicil sedangkan kepada mahasiswa yang tidak mampu pihak yayasan juga turut membebaskan uang spp. Nah sedangkan untuk mahasiswa yang mampu pembayaran spp itu diberikan secara penuh,”bebernya, ditemui bogorchannel.id, diruang kerjanya, Selasa (08/07/20).

Saat ini lanjut Bibin, untuk jumlah mahasiswa yang dibebaskan SPP nya sudah ada namun hanya berjumlah 1-2 orang saja. Sedangkan sisanya dia meyakini akan menyusul.

“Namun kembali lagi pada kemampuan keuangan yayasan,”papar Bibin.

Rektor menambahkan, uang SPP yang dibayarkan oleh mahasiswa itu dipergunakan untuk pos pendidikan seperti belanja pegawai juga untuk operasional pembelajaran.

Untuk diketahui jumlah Dosen di Universitas Pakuan ada sebanyak 450 orang, ditambah pegawai non edukatif diperkirakan jumlahnya ada sebanyak 300 orang. “Jadi uang dari mahasiswa itu juga ditujukan untuk ini,”terangnya.

Bibin pun mengaku tidak ingin bernegoisasi lagi terkait uang SPP. Sebab kata dia kampus yang dipimpinya itu harus tetap berjalan.

“Kepada para mahasiswa tidak mampu pihak yayasan juga turut membebaskan uang spp dengan cara menggratiskan biaya spp. Kepada mahasiswa yang orangtuanya di PHK kami juga turut menggratiskan SPP, “cetus Bibin.

Sementara informasi yang dihimpun dari mahasiswa yang enggan disebutkan namanya untuk jumlah SPP pada setiap angkatan di kampus, itu berbeda-beda.

Ada yang mahal dan ada pula yang masih murah. Kalau untuk angkatannya dia pada 2016 lalu jumlah uang SPP untuk setiap semesternya adalah sebesar Rp 2 juta.

Kendati demikian, pihak Universitas bersama Mahasiswa direncanakan Rabu (09/07/20) bersama Rektor akan menggelar diskusi terkait beratnya pembayaran SPP.

Reporter: Febri DM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here