AGPAII Kabupaten Bogor Gelar Workshop Karya Tulis Ilmiah

0
71

B-CHANNEL, BOGOR– Assosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (AGPAII) Kabupaten Bogor menyelenggarakan Webinar dan Workshop penulisan karya tulis ilmiah. Webinar diselenggarakan pada via aplikasi zoom Streaming Youtube di http.//terbit.iyworkshoppenulisankaryailmiyah

Peserta Webinar diikuti sekitar 100 orang terdiri dari guru PAI dari tinggakt SD, SMP SMA/SMK, Negeri dan Swasta. Acara Webinar ini diisi oleh 4 narasumber yaitu Kasi PAIS H. Romdoni, M.H, Dr.Muslih, M.Pd., Adjat Sudrajat,M.Pd dan Rahmi Ifada, M.Pd.I.

AGPAII beranggapan bahwa kompetesi profesi guru PAI pada saat ini perlu ditingkatkan. Salah satunya melalui penulisan karya tulis ilmiah yang kemudian menjadi publikasi karya tulis ilmiah.

Kasi K.H. Romdoni, M,H menuturian, pada mulanya kegiatan publikasi guru dilaksanakan berdasarkan Permenpan dan RB nomor 16 tahun 2009 tentang jabatan fungsional guru dan angka kreditnya. Akan tetapi, sebagai guru menulis karya tuli ilmiah bukan sekedar untuk mendapatkan kredit point.

Dalam mengembangkan profesinya, sambung dia, seorang guru harus memiliki 5 sikap diantaranya adalah untuk selalu menampilkan”allama bi al Qalam”, meningkatkan mutu citra profesi, profesi dijaga, ada keingingan mengerjakan peningkatan kebudayaan pengetahuan serta mengerjakan cita-cita kualitas profesi.

Kasi Pais Kemgnag Kabupaten tersebut membuka acara tersebut. Dr. Muslih, M.Pd, Narasumber utama memaparkan tips-tips menulis artikel, menulis buku. Dari 30 buku beliau yang telah dipublikasikan, beliau menjelaskan pengalaman menulis dari awal penulisan sampai kepada karya tulis tersebut layak atau tidak cetak ke penerbit.

Sementara itu narasumber ke-2 berhalangan hadir, materinya di handle pemateri berikutnya oleh ibu Rahmi Ifada, M..Pd.I juga memaparkan Alur dan Metode Penulisan Karya Tulis Ilmiyah.

Webinar dan Workshop karya tulis yang diselenggarakan cukup menarik dan antusias, dari 107 peserta yang hadir terdapat forum tanya jawab yang dapat membuka cakrawala bagi guru-guru untuk dapat mengembangkan profesinya dalam menulis karya tulis ilmiyah dan publikasi ilmiah.

Tin Mardiyah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here