Wow! Tempe Bogor Tembus Pasar Ekspor Dunia

0
61

B-CHANNEL, KOTA BOGOR– Bagi masyarakat Indonesia makanan yang dikonsumsi sehari hari ini mungkin terkesan biasa biasa saja, harga yang murah bahkan mudah ditemukan. Tapi ternyata di Mancanegara, makanan sehat dan bergizi ini menjadi super dan banyak digemari. Ya, Tempe namanya, makanan yang kaya protein ini terbuat dari biji kacang kedelai atau beberapa bahan lain diproses secara umum dikenal sebagai “ragi tempe“.

Masyarakat Kota Bogor khususnya wajib berbangga, karena ada tempe hasil produksi pengrajin asal warga Bogor terbilang sukses, sebab tempe buatannya banyak digemari masyarakat di dunia, salah satunya masyarakat Jepang.

Terbukti, hari Kamis tepat tangga 17 Juni 2021, adalah hari yang bersejarah bagi para pengrajin Tempe di Kota Bogor, dimana salah satu IKM tempe dengan nama “Rumah Tempe Azaki” yang berlokasi di Kelurahan Curug, Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor, berhasil menembus ekspor ke Jepang, dengan ekspor perdana sebanyak 4,8 ton.

Ekspor pelepasan dilaksanakan di Komplek Pergudangan Muara Baru Jakarta Utara, dihadiri secara virtual Oleh Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional (PEN), dan hadir langsung Direktur Ekspor hasil industri dan pertambangan, juga hadir Direktur pengembangan pasar dan informasi ekspor, keduanya pejabat dari kementrian Perdagangan RI dan yang mewakili Wali Kota Bogor Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian.

Kementrian Perdagangan RI melalui Dirjen PEN (Pengembangan Ekspor Nasional) Didi Sumedi, mengapresiasi pencapaian ekspor perdana Tempe produksi Bogor ini ke Jepang, dan siap mensupport penuh segala hal yang dibutuhkan setiap pelaku UKM yang orientasi ekspor.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bogor Gandjar Gunawan  yang hadir langsung pada pelepasan perdana ekspor tempe ke Jepang mengungkapkan rasa bangga dan tentu pada umumnya masyarakat Kota Bogor.

“Ya tentu bangga dan sangat membanggakan masyarakat Kota Bogor. Dimana ketika pandemi covid-19 belum berakhir, dan harga bahan baku tempe belum stabil, tapi Rumah Tempe Azaki malah bisa menembus pasar Ekspor, dan ini harus jadi contoh bagi para pelaku UKM di Kota Bogor, bahwa dengan kesungguhan dan fokus, apapun situasinya peluang itu akan selalu ada,”ungkap Gandjar Gunawan.

Reporter: Erry Novriansyah/DR

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here