Pelantikan Pengurus PGM Indonesia Jawa Barat Momentum Penting Proses Kaderisasi dan Regenerasi Kepemimpinan

0
81

B-CHANNEL, BANDUNG– Dewan Pengurus Pusat (DPP) PGM Indonesia melantik kepengurusan Persatuan Guru Madrasah Indonesia tingkat provinsi Jawa Barat, pada Selasa (08/06/21)

Pelantikan berlangsung di Aula Pusdai Jawa Barat, Kota Bandung secara hydbrid (online dan ofline). Itu dilakukan guna menjaga protokol kesehatan di masa pandemi covid masih berlangsung.

Hadir dalam acara pelantikan, para pengurus DPW PGM Indonesia Jawa Barat dan DPD PGM Indonesia Kabupaten dan Kota Se Jawa Barat, selain Ketua Umum DPP PGM Indonesia, H. Agus Ridhallah.

Disamping itu hadir pimpinan Ormas di Jawa Barat, diantaranya LP Maarif NU Jawa Barat, PW Mathlaul Anwar Jawa Barat, PW Jamiyah Al Wahliyah Jawa Barat, dan Juga Tokoh Pemuda dari Organisasi Pemuda diantaranya DPD KNPI Jawa Barat, PW GP Ansor Jawa Barat, BPD HIPMI Jawa Barat, PKC PMII Jawa Barat, PW IPNU Jawa Barat, PW IPPNU Jawa Barat.

Dalam kesempatan, Ketua Umum DPW PGM Indonesia Jawa Barat Hasbulloh menyampaikan, pelantikan kepengurusan DPW PGM Indonesia Jawa Barat periode 2021-2026, sebagai momentum penting dalam proses kaderisasi dsn regenerasi kepemimpinan di DPW PGM Indonesia Jawa Barat.

Oleh karena itu, DPW PGM Indonesia Jawa Barat akan selalu hadir dalam mengawal kepentingan dan aspirasi guru madrasah dari jenjang RA, MI, MTs dan MA Se Jawa Barat.

“Melalui DPW PGM Indonesia Jawa Barat, Kita akan sama-sama berupaya agar guru madrasah setara, agar guru madrasah berdaya, agar guru madrasah bermartabat,” ungkap Hasbulloh usai dilakukan prosesi pelantikan, Selasa (08/06/21)

Lebih lanjut Hasbulloh menjelaskan, kerangka program yang sudah disiapkannya mengarah pada perjuangan nasib dan kesetaraan guru madrasah.

“Kita bisa melihat, proporsi anggaran untuk madrasah di Kementrian Agama dengan sekolah yang ada di bawah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, perbedaannya terlampau ironis. Begitu juga formasi untuk pengangkatan guru honorer atau formasi PPPK yang disiapkan bagi guru madrasah. PGM Jawa Barat akan turut menggedor demi kesetaraan yang berkeadilan,” paparnya.

Ia juga akan berfokus pada peningkatan kapasitas guru madrasah sekaligus menjawab tantangan teknologi dan kondisi pendidikan di masa pandemi. Selain menguatkan sinergitas PGM Jawa Barat dengan pihak-pihak terkait, Hasbulloh juga mencoba merancang program nyata peningkatan kesejahteraan guru.

“Kesejahteraan bukan hanya karena soal pendapatan, tetapi upaya memenuhi kebutuhan dirinya agar bisa berfokus melaksanakan kegiatan pembelajaran,” tambahnya.

Ketua Umum DPP PGM Indonesia, Agus Ridhalllah berpesan kepada seluruh pengurus yang dilantik, agar menyatu dan solid dalam kepengurusan DPW PGM Indonesia Jawa Barat.

Saudara sekalian adalah kader terbaik dari berbagai kabupaten dan kota se Jawa Barat, sehingga harus saling menguatkan satu sama lain dan saling memberikan kontribusi terbaik untuk organisasi.

Tidak ada lagi di Jawa Barat, kalah dalam pemilihan ketua Umum kemudian membentuk organisasi baru, itu bukan budaya dan harus menjaga agar PGM Indonesia yang menjadi satu-satunya organisasi Guru Madrasah.

Sementara Kabid Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Jawa Barat, Dr. Yusuf Umar, M.Pd menyampaikan bahwa, kemenag Jawa Barat hanya ada satu organisasi PGM yang diakui dan tidak ada PGM yang lain.

“Setelah pelantikan ini, kita akan fokus membangun sinergitas untuk meningkatkan Kesejahteraan dan Profesionalisme guru madrasah.
Disamping itu, ada juga prioritas penting yang perlu diterapkan oleh guru madrasah se jawa barat dalam menjalan program pendidikan agama dan keagamaan, diantaranya adalah menguatkan praktek moderasi beragama di lingkungan madrasah dan mensosialisasikannya ke semua lingkungan madrasah,”katanya.

Senada dengan Dr Yusuf Umar, Kabag Bina Mental Biro Kesra Pemprov Jabar, Supriyadi menambahkan, PGM Indonesia Jawa Barat mengajak bersinergi untuk mewujudkan Visi Jabar Juara. Salah satunya yaitu meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan Indeks Kerukunan Umat Beragama di Jawa Barat. (**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here