Tradisi Rebo Wekasan Desa Tugu Selatan

0
52

B-CHANNEL, CISARUA– Doa bersama dilakukan perangkat Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor di bulan Safar bertepatan dengan Rabu Wekasan atau Rabu Pangungkasa.

Rabu Wakesan dipercaya dimana Allah pada hari itu banyak menurunkan sumber bencana dan penyakit. Hadir dalam doa bersama, para tokoh masyarakat dan Ulama.

Kades Tugu Selatan, Eko mengatakan, dalam tradisi Islam di Rebu Wakesan, para Ulama menyarankan untuk berdoa, dan melakukan sedekah. Agar jauh dan terhindar dari bencana dan penyakit, atau disebut menolak bala.

“Karena sedekah itu memiliki kekuatan dan keutamaan mampu menolak bala. Seperti yang diriwayatkan dalam hadist Nabi Muhammad SAW,”jelasnya, ditemui kemarin.

Rasulullah Muhammad SAW di hari itu, lanjutnya, jatuh Sakit selama 12 hari berturut turut tepat pada hari Rabu terkahir bulan Safar, dan dihari ke- 12 hari Senin Maulid Nabi, Muhammad SAW wafat.

Lanjut ia mengatakan, bersedakah pada Rabu Wakesan, yang salah satunya memberikan makanan berupa ketupat dan makanan pelengkap lainnya. Dan ketupat itu dibagi-bagikan ke masyarakat yang datang ke kantor Desa.

“Karena kegiatan sedekah ketupat sudah menjadi tradisi di Desa Tugu Selatan. Kami juga mengimbau bagi seluruh warga agar selalu menjaga protokol kesesahat dan mengikuti aturan yang berlaku pada saat ini,”katanya.

Risky

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here