Satpol PP Kota Bogor Tertibkan PKL Dengan Persuasif dan Humanis

0
16

B-CHANNEL, KOTA BOGOR– Satpol PP Kota Bogor memberikan cara bagaimana menertibkan para Pedagang Kaki Lima (PKL) yang masi membandel melanggar aturan, yaitu penertiban dengan cara persuasif dan humanis tanpa tindakan kekerasan atau arogansi.

Hal itu diungkapkan Kapala Seksi Operasional (Kasi OPS) Satpol PP Kota Bogor, Surya Darma di Kantor Satpol PP Jalan Raya Padjajaran No.121, RT04, RW03, Bantarjati, Kecamatan Bogor Utara, Senin (20/09/21) kemarin.

Surya Darma menjelaskan, tindakan arogan tidak dibenarkan karena dalam bertugas komunikasi yang baik dan cara persuasif serta sikap humanis adalah cara ampuh untuk memberikan pengertian kepada para PKL agar mau ditertibkan bahkan patuh dalam mengikuti aturan.

“Karena mengingat kondisi yang sedang sulit jangan sampai sikap penertiban malah membuat masyarakat malah sakit hati,” kata Kapala Seksi Operasional (Kasi OPS) Satpol PP Kota Bogor, Surya Darma.

Bahkan, sambungnya, saat bertugas untuk menertibkan para PKL, dirinya kerap mendapatkan cacian dari pedagang yang masih bandel untuk ditertibkan.

Namun ia tetap melakukan cara yang sangat humanis memberikan penjelasan bahwa aturan memang harus di tegakan dan memberitahu letak kesalahan para pedagang.

“Bukan sekali dua kali ya ada aja para pkl yang bandel untuk ditertibkan bahkan mengeluarkan omongan yang kurang pantas, namun ya saya selalu berpesan kepada rekan-rekan agar jangan terpancing emosi,” ujarnya.

Satpol PP Kota Bogor juga memberikan bantuan berupa sembako kepada para PKL yang sudah ditertibkan.

“Hampir di setiap mobil patroli kita ada sembako, jadi sambil menertibkan, kita juga memberi bantuan kepada meraka,” pungkasnya. (ER/BC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here