Program Samisade Desa Ciburayut Kecamatan Cigombong Digeber

0
11

B-CHANNEL, BOGOR– Sebanyak 41 dari 45 desa tertinggal di Kabupaten Bogor naik status menjadi desa berkembang, sehingga hanya tersisa 4 desa yang tersebar di tiga kecamatan berstatus desa tertinggal.

Program Bantuan Keuangan Infrastruktur Desa Satu Milyar Satu Desa (Samisade) jadi andalan Bupati Bogor, Ade Yasin dan Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan untuk mengentaskan 4 desa tertinggal tersebut.

Diharapkan Samisade tak hanya mengentaskan desa tertinggal, tapi juga mendorong desa dari status berkembang menjadi maju. Dari 416 desa, masih ada desa tertinggal, dengan Samisade diharapkan, desa tertinggal menjadi berkembang dan desa berkembang menjadi maju.

Program Samisade juga dapat mendorong pemulihan ekonomi sekaligus mempercepat pencapaian Sustainable Development Goals (SDG’s) Desa.

Program Samisade dengan pola padat karya diharapkan dapat membawa dampak penyerapan tenaga kerja dan menggerakkan sektor riil di akar rumput dan menciptakan multiflier effect yang mendorong pemulihan ekonomi sekaligus mempercepat pencapaian SDG’s Desa.

Kepala Desa Ciburayut Abduloh mengungkapkan rasa syukur dan berterima kasih dengan adanya program dari pemerintah Kabupaten Bogor khususnya Bupati Kabupaten Bogor Ade Yasin.

“Program samisade inilai sangat berarti untuk mendongkrak perekonomian warga khusus nya warga yang berada dipelosok desa diwilayahnya, dan program ini sudah terprogram dengan sangat baik serta memenuhi syarat dan ketentuannya,” ungkapnya.

Desa Ciburayut mendapatkan dana samisade sebesar 600 juta sekian. Ia berharap masyarakat tidak mengansumsi dana tersebut satu miliar, karena tidak semua desa mendapatkan dana penuh satu miliar.

Betonisasi dikampung panyarang di RW 06 dan RW 07 dengan P. 700 xL 3 M dan P. 400 xL 2.5 M dengan jumlah angaran Rp. 418. 750. 00, melibatkan padat karya, dan saya berharap bagi rumah nya yang terkena cipratan semen harap dimaklum dan saya mengucapkan terima kasih untuk Kapolsek Cigombong Cijeruk, danramil Cigombong, Cijeruk dan pa camat Cijeruk yang sudah mengawal kegiatan ini.

Camat Cigombong Asep Achadiyat menambahkan, program samisade ini harus dikerjakan dengan baik dan memenuhi spek yang sudah ditetapkan, dan dirinya sangat berterima kasih khusus nya untuk Bupati kabupaten Bogor yang sudah memprogramkan samisade dengan kebijakan dan pertimbangan yang sangat matang

“Hati-hati dengan program samisade ini,karna program ini sangat sexsi, karna semua mata tertuju pada program ini, program samisade ini harus di kerjakan dengan baik dan besok akan ada audit dari inspektorat, jadi pengerjaan nya harus di lakukan dengan baik, dan satu hal yang lagi yang harus saya sampaikan, pihak kecamatan tidak pernah mengarahkan desa dalam pembelanjaan proyek jalan, tugas kami hanya menerima proposal dan mengawal program samisade ini sampai dengan selesai.

Reporter: Risky

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here