B-CHANNEL, KOTA BOGOR– Peneliti dari LK3P UI, Farhan Muntafa menyebutkan indeks kerukunan umat beragama setiap tahun di Kota Bogor semakin meningkat.

Farhan menyebutkan, indeks KUB Kota Bogor Tahun 2022 79,16 persen, kemudian sisi dimensi kesetaraan 85.14 persen, sisi toleransi 73,41 persen dan dari  dari sisi kerjasama 78,95 persen.

“Ada tiga hal yang dikaji oleh LK3P UI yaitu kesetaraan, toleransi beragama dan kerjasama,”ujar Farhan.

Selain itu, Farhan Muntafa merekomendasikan agar adanya penguatan dari sisi keterikatan sosial masyarakat Kota Bogor secara lintas agama.

Ketua FKUB Kota Bogor, Hasbulloh mengatakan, bahwa dengan meningkatnya indeks kerukunan umat beragama Kota Bogor, maka hal tersebut menjadi energi positif untuk penguatan di tingkat masyarakat menjaga kerukunan antar sesama.

“Jadi, jangan sampai mudah terprovokasi oleh pihak-pihak tertentu yang berusaha memecah belah masyakarat melalui isu SARA,”ujar Hasbulloh, Rabu (23/11/22).

Sementara itu, Aep S, selaku Kabid di Kesbangpol Kota Bogor menyampaikan apresiasi atas langkah-langkah yang dibangun oleh FKUB Kota Bogor dalam menguatkan Indeks Kerukunan Umat Beragama Kota Bogor.

Menurutnya, semakin sering melakukan dialog dan komunikasi antar umat beragama maka semakin kondusif Kota Bogor dan akan terhindar dari konflik.

FKUB Kota Bogor kini tengah melakukan safari diskusi di seluruh Kecamatan di kota Bogor, tentang sosialiasi berkaitan dengan PBM Menag dan Mendagri Nomor 09 dan 08 Tahun 2006.

Sebelumya, kegiatan dilakukan di wilayah Bogor Selatan, tepatnya di Vihara Budhasena. Kali kedua acara  diskusi ini bersama lintas agama terdiri dari umat Kristian, Budha, Hindu, Islam dan Konghucu diadakan di Pura Girikusuma Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor, Rabu (23/11/22).

Hadir dalam diskusi, Ketua PHDI Kota Bogor, Wayan Swastika, Kesbangpol Kota Bogor, Aep S, Perwakilan Kecamatan Bogor Utara, Lurah Se Bogor Utara, Bhabinkamtibmas Se Bogor Utara, Babinsa Se Bogor Utara serta Unsur Pemuda dan Pelajar Lintas Agama. (**)

Gambar: IST

Comments are disabled.