Mau Berlayar? Ini Kriteria Khusus Calon ABK Kapal Ikan PT Mangku Sagara

0
137

B-CHANNEL, KOTA BOGOR– Perekrutan calon Anak Buah Kapal (ABK) khusus Kapal Ikan, kini telah hadir dan membuka cabang baru di Bogor.

Perekrutan sendiri bagi calon ABK bisa melalui Agency cabang Bogor dibawah naungan PT Mangku Sagara.

Alamat Agency, Kampung Batu Karut RT01, RW 09, Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor.

PT Mangku Sagara yang bergerak di bidang ABK Kapal Ikan baru berdiri sejak 15 Juni 2020, PT.

Meski terbilang baru, PT Mangku Sagara sudah memberangkatkan ribuan Anak Buah Kapal (ABK) untuk berkerja di kelautan wilayah Indonesia.

Direktur Agency PT. Mangku Sagara, Dadang Senjaya menjelaskan, bagi calon ABK yang ingin bergabung harus memiliki kriteria khusus, yakni bekerja keras, semangat, tidak males-malasan dan rajin.

Anak Buah Kapal (ABK) tersebut akan bekerja untuk kapal ikan di malam hari untuk mengambil ikan dan cumi.

Dadang Senjaya menyampaikan, kebanyakan yang mendaftar ke PT. Mangku Sagara dari luar Kota Bogor. Dan perekrutan untuk menjadi ABK kapal ikan berusia 19 tahun sampai 45 tahun.

“Bulan ini target mencari ABK kapal ikan di butuhkan 300 orang dan sudah banyak yang kita kirimkan kesana untuk berlayar,” jelasnya.

Untuk masuk ABK PT. Mangku Saraga persyaratannya hanya melampirkan KTP, Kartu Keluarga (KK) dan tidak dipungut biaya.

Setelah ABK memberikan persyaratan, lanjut Dadang, nanti para ABK dikasih pengarahan terlebih dahulu, untuk kedepannya pasti ada pelatih khusus tata cara agar para ABK bekerja lebih memuaskan.

“Karena nomer satu itu adalah rajin, ketika rajin otomatis bawa uang dari laut lumayan besar, ya kalo males-malesan, ya tidak ada hasil,” katanya.

Untuk kapal sendiri kapasitasnya ada yang kapal berukuran kecil, sedang dan besar, kalo kapal kecil itu kapasitasnya 8 sampai 11 orang, kapal berukuran sedang kapasitasnya 18 sampai 21 orang dan kapal berukuran besar itu 29 sampai 24 orang.

Dadang menambahkan, ABK yang sudah berlayar di kapal ikan akan bekerja empat bulan hingga ada yang bekerja sampai 10 bulan.

Masih kata Dadang, jika para ABK langsung dateng ke PT. Mangku Sagara ada fee agen dan fee marketing. Fee agen 10 persen dan fee Merketing 15 persen, itu dari kasbonan.

“Jadi sebelum berangkat, para ABK di kasih kasbon dengan nominal 5 sampai 7 juta. Tapi rata-rata yang kasbonan itu 4 juta,” paparnya.

Lebih lanjut, Dadang menyebut, Dalam keadaan pandemi seperti ini, para ABK di test swab terlebih dahulu dari pihak PT.

Kemudian Dadang menuturkan, untuk kendala perekrutan yang sulit itu tidak ada. Dirinya mengaku ingin menciptakan lapangan kerjaan juga untuk umum.

Disisi lain, Dadang mengaku menerima amanah dari pusat untuk membuka cabang baru di daerah Bogor.

PT. Mangku Sagara sudah memiliki surat ijin usaha perekrutan dan penempatan awak kapal . no : situprak/241.xxl 23.pm 84/2020. (ER/BC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here