Bogor Melawan COVID-19 Dengan Sesquiterpenes Gaharu

0
19

B-CHANNEL,KOTA BOGOR– Ditengah pandemi COVID-19 yang melanda berbagai belahan dunia, berbagai pihak tengah mencari cara sebagai jalan keluar untuk mengatasi masalah tersebut. Berbagai upaya dan inisiatif telah dilakukan, dan dikembangkan oleh para pakar didalam berbagai lintas disiplin keilmuan untuk memerangi dan mencegah penyebaran virus menular ini.

Keduanya dilakukan, baik yang berasal dari ilmu alam (hard sciences) dan ilmu sosial (soft sciences), baik yang bersifat sebagai tindakan preventif atau antisipatif dan tindakan penyembuhan (treatment). Terhitung sejak 16 Maret lalu, telah lebih dari 24.000 tulisan ilmiah berhasil dipublikasikan (Hao K, 2020). Publikasi itu mencakup tentang SARS-CoV-2 (nama ilmiah untuk virus corona), Covid-19 (nama ilmiah untuk penyakit), dan kategori lainnya yang memberikan panduan/arah (langsung dan tidak langsung) terhadap penyelesaian virus corona.

Di Indonesia sendiri, berbagai upaya untuk menekan tingkat penyebaran dan memerangi virus tersebut juga masih terus dilakukan. Salah satu berita penting datang dari Bogor, tepatnya di Laboratorium Mikrobiologi Hutan, Pusat Penelitian dan Pengembangan Hutan (P3H) Badan Litbang dan Inovasi, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Bogor.

Adalah Asep Hidayat, Ph.D (43) bersama timnya di Laboratorium Mikrobiologi Hutan, berhasil mengungkap bahwa bahan aktif minyak gaharu (Aquilaria spp.) mengandung komponen-komponen senyawa kimia penting yang dapat membunuh/membasmi mikroorganisme seperti bakteri, jamur, dan virus.

Temuan penelitian dan inovasi yang berhasil dilakukan oleh Asep bersama timnya ini dinilai sangat penting sebagai tindakan preventif dan antisipatif ditengah ancaman krisis kesehatan akibat COVID-19. Kini, manfaat dari komponen-komponen senyawa kimia “pembunuh” mikroorganisme itu (bakteri, jamur dan virus) tengah digalakkan kedalam bentuk “HaRus” yaitu suatu produk bernilai guna, seperti hand soap dan hand sanitizer (spray dan gel) yang akan dapat digunakan oleh masyarakat luas. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here