Bima Arya dan Ketua TP PKK Kunjungi Kampung Bersih, Sehat dan Berkualitas

0
39

B- CHANNEL, KOTA BOGOR–  Wali Kota Bogor Bima Arya Sugirto mengunjungi Kampung Seuri di wilayah RW 07, Kelurahan Empang, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor.

Kunjungan orang nomor satu di Kota Hujan ke Kampung yang dikomandoi Yayat Hidayat dalam rangka deklarasi kegiatan masyarakat membentuk Kampung Sehat Untuk Reproduksi (Seuri).

Disana, Bima Arya didampingi Ketua TP PKK Kota Bogor Yane Ardian, Camat Bogor Selatan Hidayatulloh dan Lurah Empang Rudi Kalsid Soemawinata.

Sementara itu Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto menyampaikan ada beberapa hal yang harus diterapkan dalam Germas tersebut, yakni Organisasi, Partisipasi dan Publikasi .

Bima titip beberapa poin penting, pertama organisasi yang bergerak terus Dinas, PKK, Camat, Lurah itu kunci, jika organisasi tidak jalan dinasnya tidak kolaborasi dengan wilayah itu tidak akan bisa, begitu pun Lurah dengan RT RWnya.

Kedua adalah partisipasi, yang dilakukan sekarang duta duta ini, harus gerak di bawah lurah. Lalu camat harus mendeteksi siapa Champions Championsnya.

Ketiga adalah publikasi penting, segala macam publikasi mau player digital, pasang spanduk boleh, di Instagram, insta story, Facebook, YouTube, video singkat, koran dan lain lain apa ajalah semua supaya sampai.

“Organisasi, partisipasi, publikasi itu kata kuncinya. Mudah mudahan itu menjadi contoh terbaik di kampung seuri,”bebernya.

Sementara, Ketua TP PKK Kota Bogor, Yane Ardian mengatakan, terciptanya kampung Germas dan kampung seuri di setiap wilayah itu sangat diimbau untuk terlaksana, karena ini berkaitan dengan kualitas hidup masyarakat secara subjektif masing-masing, begitu juga berpengaruh terhadap kualitas perkawinan.

“Kualitas hidup seseorang sangat berpengaruh terhadap kualitas suatu wilayah. Harapan kita Kota Bogor di tiap penjuru warganya berkualitas. Kualitas hidup itu kan harus kita lihat dari sisi pendidikan, kesehatan dan lain-lain,” kata Yane kepada wartawan, Rabu (01/09/21).

Menurut Yane, Empang termasuk wilayah yang koperatif dan dirinya pun tak sungkan untuk mengacungi jempol terhadap warga yang ada di wilayah tersebut.

“Saya acungi jempol buat kampung ini, karena warganya tidak bergantung kepada aparatur wilayah, mereka mempunyai kemandirian dan ditambah aparatur wilayahnya seperti Camat, Ketua PKK kecamatan sampai lurahnya aktif, sehingga saya optimis Kelurahan Empang bisa menjadi yang terbaik di Jawa Barat,” ujarnya.

Camat Bogor Selatan, Hidayatulloh mengatakan ini adalah bagian dari ikhtiar  dalam upaya pembangunan di bidang kesehatan, selain itu upaya membangun keluarga sehat sejahtera dan bahagia, salah satunya adalah sehat reproduksi dengan melakukan kegiatan mencegah deteksi dini kanker serviks di warga.

Tak hanya itu, pihaknya juga meminta kepada semua lurah-lurah di Bogor Selatan untuk melakukan kegiatan yang sama dengan yang ada di Empang ini.

“Saya juga menganjurkan lurah-lurah melakukan kegiatan yang sama membuat tagline-tagline dalam membentuk motivasi kepada warga. Kampung Seuri ini adalah sebagian tagline untuk membentuk itu. Kemudian ada juga di Muarasari yang sudah membentuk Kampung Sate (Sadar Akan IVA test),” pintanya.

Ditempat yang sama, Lurah Empang Rudi Kalsid Soemawinata mengaku sejauh ini pihak kelurahan terus memberikan pembinaan dan bimbingan kepada ibu-ibu PKK yang ada di wilayahnya.

“Pembinaan dan bimbingan yang kita berikan ini bekerja sama dengan puskesmas. Tujuannya supaya ibu-ibu tetap selalu menjaga reproduksinya,” kata Lurah.

Reporter: Erry Novriansyah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here